Pilih Bahasa yang kamu kuasai,
Choose your language! To facilitate understanding this blog!
Powered By Blogger

Saturday, October 9, 2010

PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL (CPNS) KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP 2010

PENGUMUMAN
PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL (CPNS) FORMASI TAHUN 2010
KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP
Nomor: 001/SES/LH/10/2010

Diumumkan bahwa Kementerian Lingkungan Hidup membuka kesempatan bagi yang berminat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup untuk mengisi lowongan formasi Tahun Anggaran 2010, dengan ketentuan sebagai berikut:

Formasi Jabatan dan Kualifikasi Pendidikan

* Arsiparis – Diploma III (D3) Kearsipan
* Pengadministrasi Keuangan – Diploma III (D3) Administrasi Keuangan
* Pengadministrasi Umum – Diploma III (D3) Sekretaris
* Pranata Komputer – Diploma III (D3) Manajemen Informatika – Strata 1 (S1) Sistem Informasi
* Pranata Laporan BMN dan Keuangan – Strata 1 (S1) Ekonomi Akuntansi
* Analis Dampak Kebakaran Hutan dan Lahan Terhadap Perekonomian – Strata 1 (S1) Ekonomi Manajemen
* Analis Dampak Kerusakan Lingkungan Terhadap Pembangunan – Strata 1 (S1) Ekonomi Pembangunan
* Perancang Peraturan Perundang-Undangan – Strata 1 (S1) Ilmu Hukum
* Analis Penaatan Lingkungan – Strata 1 (S1) Ilmu Hukum
* Analis Hukum – Strata 1 (S1) Ilmu Hukum
* Pranata Humas – Strata 1 (S1) Sastra Inggris – Strata 1 (S1) Komunikasi / Jurnalistik
* Pranata Laboratorium – Strata 1 (S1) Kimia / Teknik Kimia – Strata 1 (S1) Biologi
* Analis Laboratorium – Strata 1 (S1) Kimia / Teknik Kimia – Strata 1 (S1) Biologi
* Analis Pengelolaan Sampah Limbah Domestik – Strata 1 (S1) Teknik Kimia
* Analis Pengembangan Teknis, Baku Mutu dan Peraturan Pengendalian Pencemaran – Strata 1 (S1) Teknik Kimia
* Pustakawan – Strata 1 (S1) Perpustakaan
* Analis SDA dan Pengendalian Kerusakan Lingkungan – Strata 1 (S1) Teknik Lingkungan
* Penyuluh Lingkungan Hidup – Strata 1 (S1) Antropologi
* Analis Dampak Perubahan Iklim pada Sektor Pertanian – Strata 1 (S1) Pertanian
* Penelaah Dokumen Hasil Pengawasan Penaatan Industri – Strata 1 (S1) Teknik Industri
* Penelaah Dokumen AMDAL – Strata 1 (S1) Teknik Industri – Strata 1 (S1) Perminyakan
* Analis Data Penyalahgunaan Pemanfaatan Ruang – Strata 1 (S1) Teknik Geografi
* Analis Kerusakan Ekosistem Gambut dan atau Estuari – Strata 1 (S1) Teknik Geografi
* Analis Data Perubahan Iklim – Strata 1 (S1) Statistik
* Analis Data Pengelolaan Limbah B3 – Strata 1 (S1) Statistik
* Analis Sengketa Lingkungan – Strata 1 (S1) Hubungan IInternasional
* Analis Pengelolaan Sumber Daya Perairan – Strata 1 (S1) Biologi
* Pengawasan Lingkungan Hidup Bidang Pertambangan Migas dan Energi – Strata 1 (S1) Pertambangan
* Analis Pengendalian Sumber Daya Alam – Strata 1 (S1) Kehutanan
* Analis Dampak Pemulihan kebakaran Hutan dan Lahan – Strata 1 (S1) Kehutanan

Persyaratan Pelamar
a. Persyaratan Umum:

* Warga Negara Indonesia ;
* Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
* Memiliki Integritas yang tinggi terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia;
* Tidak berkedudukan sebagai Calon/PNS, Calon/Anggota TNI/Polri;
* Tidak berkedudukan sebagai anggota atau pengurus partai politik;
* Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS/TNI/Polri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;
* Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan;
* Memenuhi persyaratan jenjang pendidikan dan keahlian/program studi yang sesuai dengan kebutuhan;
* Berkelakuan baik;
* Sehat jasmani dan rohani;
* Melengkapi persyaratan lamaran berikut lampiran yang telah ditentukan.

b. Persyaratan Khusus:

* Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,75 (dua koma tujuh lima );
* Berusia setinggi-tingginya 35 tahun per 1 Nopember 20 1 0;
* Bersedia ditempatkan di seluruh Indonesia (termasuk ditempatkan di PPLH Regional).

Ketentuan Pengajuan Lamaran:

a. Surat Lamaran:

Surat lamaran harus ditulis tangan dan ditandatangani pelamar dengan menggunakan tinta hitam , ditujukan kepada Sekretaris Menteri Negara Lingkungan Hidup selaku Ketua Panitia Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Lingkungan Hidup Tahun 20 1 0 dengan melampirkan:

* Foto copy Surat Tanda Tamat Belajar/Ijazah ;
* Foto copy transkrip nilai akademik ;
* Pas photo berwarna ukuran 3 X 4 sebanyak 2 lembar (terbaru);
* Daftar Riwayat Hidup (DRH) dengan mencantumkan alamat lengkap;
* Surat Pernyataan bersedia ditempatkan di seluruh Indonesia dengan dibubuhi materai Rp.6.000,-
* Satu buah amplop ukuran folio yang telah ditulis nama, alamat lengkap pelamar, dan telah dibubuhi perangko secukupnya .

b. Pendaftaran:

Surat lamaran beserta lampirannya disusun rapi dan dimasukkan ke dalam amplop coklat ukuran folio/kuarto dikirim PO BOX 7777 JAT 13000 dan pada pojok kanan amplop ditulis dengan jelas jabatan dan Kode Jabatan yang dilamar . Selambat-lambatnya tanggal 23 Oktober 2010 sudah diterima oleh Panitia Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Lingkungan Hidup.

Seleksi Administrasi:

* Berkas lamaran yang telah diterima oleh Tim Pengadaan CPNS Kementerian Lingkungan Hidup akan dilakukan seleksi administrasi;
* Jumlah peserta test sebanyak 15 X jumlah lowongan, berdasarkan IPK atau nilai rata-rata Ijazah/STTB yang tertinggi;
* Bagi pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi dipanggil melalui pos /dapat dilihat melalui Website kementerian lingkungan hidup
* Bagi pelamar yang tidak lulus seleksi administrasi, berkas lamaran akan dikembalikan melalui pos.

Lain-lain:
Pelamar/peserta ujian tidak dipungut biaya;
Keputusan Panitia Pengadaan CPNS Kementerian Lingkungan Hidup Tahun 2010 bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

Jakarta, Oktober 2010
SEKRETARIS MENTERI NEGARA LINGKUNGAN HIDUP
SELAKU KETUA PANITIA PENGADAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL
KEMENTERIAN NEGARA LINGKUNGAN HIDUP TAHUN 2010
IR. ARIEF YUWONO, M.A

PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL BADAN KOORDINASI PENANAMAN MODAL 2010

BADAN KOORDINASI PENANAMAN MODAL
P E N G U M U M A N
No. 01/PPCPNS/10/2010


PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL BADAN KOORDINASI PENANAMAN MODAL TINGKAT SARJANA (GOLONGAN III) DAN DIPLOMA 3 (GOLONGAN II) TAHUN ANGGARAN 2010

BKPM Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) membuka kesempatan kepada lulusan Pasca Sarjana (S2), Sarjana (S1) dan Diploma (D3) Warga Negara Indonesia pria dan wanita untuk diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Golongan III dan Golongan II, dengan jurusan/kualifikasi pendidikan :

Tingkat Pendidikan No Jurusan/Kualifikasi Pendidikan Formasi (Orang)
Pascasarjana (S2) 1 Ekonomi 5
2 Hukum 5
Sarjana (S1) 1 Akuntansi 4
2 Ekonomi 10
3 Farmasi 1
4 Hukum Internasional 4
5 Hukum Perdata 5
6 Komputer 5
7 Pertanian 5
8 Sastra Arab 1
9 Sastra Cina 1
10 Sastra Inggris 1
11 Sastra Jepang 1
12 Sastra Perancis 1
13 Statistik 1
14 Teknik Arsitek 1
15 Teknik Elektro 2
16 Teknik Industri 2
17 Teknik Kimia 1
18 Teknik Mesin 3
19 Teknik Pertambangan 1
Diploma (D3) 1 Akuntansi 4
2 Komputer 3
3 Perhotelan/Tata Boga 2
4 Teknik Arsitek/Landscape 1

I. PERSYARATAN UMUM
1. Warga Negara Indonesia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
2. Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian.
3. Tidak dalam kedudukan sebagai pengurus/anggota Partai Politik.
4. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS)/Anggota TNI/Polri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
5. Tidak berkedudukan sebagai CPNS atau PNS dan tidak sedang terikat perjanjian/kontrak kerja dengan instansi lain.
6. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh Pemerintah.
7. Sehat jasmani dan rohani.

II. PERSYARATAN KHUSUS
1. Pendidikan S2 : IPK minimum = 3,25 (tiga koma dua puluh lima) skala 4
Usia maksimum = 32 tahun (lahir 1 Oktober 1978 atau sesudahnya)
2. Pendidikan S1 : IPK minimum = 3,25 (tiga koma dua puluh lima) skala 4
Usia maksimum = 30 tahun (lahir 1 Oktober 1980 atau sesudahnya)
3. Pendidikan D3 : IPK minimum = 3,00 (tiga koma nol) skala 4
Usia maksimum = 27 tahun (lahir 1 Oktober 1983 atau sesudahnya)
4. Lulusan Perguruan Tinggi Negeri, Perguruan Tinggi Swasta atau Perguruan Tinggi di luar negeri yang terakreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.
5. Menguasai bahasa Inggris dengan baik (lisan dan tulisan) diutamakan bagi yang memiliki sertifikat TOEFL Prediction dengan score 550, khusus bagi S2 dan S1.
6. Bila diterima, bersedia mengikuti peraturan yang berlaku di BKPM.
7. Bila diterima, bersedia menandatangani surat pernyataan untuk tidak keluar dari BKPM minimal selama 5 (lima) tahun.

III. PERSYARATAN ADMINISTRASI
1. Bagi para pelamar yang memenuhi persyaratan di atas dapat mengirim surat lamaran.
2. Surat lamaran harus ditulis tangan dan ditandatangani sendiri (bermeterai Rp. 6.000,-) menggunakan tinta di atas kertas folio bergaris berhuruf latin dengan mencantumkan biodata antara lain nama, tempat/tanggal lahir, status (nikah/belum nikah/janda/duda), alamat jelas yang mudah dihubungi dan nomor telepon/HP, ditujukan kepada :

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal
cq. Panitia Pengadaan CPNS BKPM T.A. 2010
Jalan Jenderal Gatot Subroto No. 44
Jakarta 12190

3. Pada sudut kiri atas bagian depan amplop lamaran ditulis : tingkat pendidikan dan jurusan/kualifikasi pendidikan.
4. Lampiran-lampiran yang disertakan dalam surat lamaran yaitu :
a. Daftar Riwayat Hidup terakhir.
b. Photo copy ijazah berikut transkrip nilai yang sudah dilegalisir (cap dan tanda tangan asli) oleh Dekan/Direktur Program atau Ditjen Dikti Kemendiknas bagi lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri (Surat Keterangan Kelulusan/Ijazah Sementara dapat diterima, dengan syarat pelamar dapat menyertakan Surat Pernyataan dari Pimpinan Universitas yang menyatakan bahwa pihak Universitas sudah dapat mengeluarkan ijazah asli yang bersangkutan pada saat akan mengikuti tes tahap akhir yang dijadwalkan akan dilaksanakan pada pertengahan bulan November 2010. Bagi pelamar yang tidak dapat menunjukkan ijazah asli, maka yang bersangkutan dinyatakan gugur dan tidak dapat mengikuti tes tahap akhir).
Catatan : bagi lulusan luar negeri yang memiliki transkrip nilai tidak berskala 4,00 harap melampirkan konversi transkrip nilai dengan skala 4,00 yang disahkan oleh Ditjen Dikti Kemendiknas.
c. Pas Photo berwarna ukuran 4×6 sebanyak 5 (lima) lembar.
d. Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara (kurungan) yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).
e. Photo copy Akte Kelahiran.
f. Photo copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku.
g. Surat Keterangan Sehat dari dokter (terbaru).
h. Photo copy sertifikat pendidikan yang dimiliki (diutamakan sertifikat TOEFL).
i. Bagi yang mempunyai pengalaman kerja dapat menyertakan surat pengalaman bekerja berupa Surat Keputusan Kerja yang dikeluarkan oleh lembaga yang bersangkutan.
5. Surat lamaran harus sudah diterima Panitia Pengadaan CPNS BKPM T.A. 2010 (Panitia) paling lambat tanggal 25 Oktober 2010 jam 16.00 WIB.
6. Surat lamaran dapat dikirim melalui pos atau diserahkan langsung kepada Bagian Tata Usaha BKPM Lantai Dasar Gedung Ismail Saleh.
7. Berkas lamaran yang tidak memenuhi persyaratan tersebut di atas tidak akan diproses.
8. Berkas lamaran yang diterima Panitia menjadi milik Panitia dan tidak dapat diminta kembali oleh pelamar.

IV. LAIN-LAIN

1. Panitia TIDAK MEMUNGUT BIAYA APAPUN dari pelamar.
2. BKPM tidak bertanggung jawab atas pungutan atau tawaran berupa apapun oleh oknum-oknum yang mengatasnamakan BKPM atau Panitia, sehingga pelamar diharapkan tidak melayani tawaran-tawaran untuk mempermudah penerimaan sebagai CPNS BKPM.
3. Lamaran yang dikirimkan kepada BKPM sebelum pengumuman ini dianggap tidak berlaku.
4. Informasi resmi yang terkait dengan seleksi CPNS BKPM 2010 dapat dilihat pada website BKPM www.bkpm.go.id. dan Papan Pengumuman yang ditempel di kantor BKPM serta Para pelamar disarankan untuk terus memantaunya.
5. Pelamar yang dipanggil adalah pelamar yang memenuhi persyaratan yang akan diproses lebih lanjut, apabila jumlah yang memenuhi syarat tersebut melebihi jumlah peserta yang ditentukan, maka Panitia akan memberlakukan sistem ranking berdasarkan data pada surat lamaran.
6. Pelamar yang lulus seleksi administratif dan berhak mengikuti ujian yang akan diadakan di Gedung BKPM Jakarta akan diumumkan melalui website BKPM (www.bkpm.go.id) dan Papan Pengumuman yang ditempel di kantor BKPM direncanakan tanggal 1 November 2010.
7. Pada saat ujian seleksi pelamar diwajibkan mengenakan pakaian rapih, sopan dan sepatu serta membawa pensil 2B asli, penghapus, rautan, alas tulis dan alat tulis lainnya.
8. Ujian seleksi awal dilakukan dengan Tes Kompetensi Dasar yang meliputi materi Tes Pengetahuan Umum (TPU), Tes Bakat Skolastik (TBS) dan Tes Skala Kematangan (TSK), yang direncanakan pada tanggal 6 November 2010.
9. Bagi pelamar yang lulus ujian seleksi awal diharuskan mengikuti Tes Potensi Akademik (TPA) dan Psikotes yang direncanakan pada 15 November 2010, Tes TOEFL Prediction yang direncanakan pada 16 November 2010 dan Wawancara yang direncanakan pada 18 November 2010.
10. Pengumuman hasil seleksi disampaikan melalui Website BKPM (www.bkpm.go.id) dan Papan Pengumuman yang ditempel di kantor BKPM dengan tahapan :
a.Pengumuman hasil ujian seleksi awal direncanakan pada 12 November 2010.
b.Pengumuman hasil TPA dan Psikotes, TOEFL Prediction serta Wawancara direncanakan pada 22 November 2010.
11. Setelah diangkat menjadi CPNS tidak diperkenankan pindah instansi/keluar dari PNS selama 5 (lima) tahun yang dinyatakan dalam Surat Pernyataan (bermeterai Rp. 6.000,-).
12. Bagi pelamar yang telah dinyatakan lulus hingga tahapan terakhir seleksi tetapi mengundurkan diri diwajibkan mengganti biaya yang telah dikeluarkan Panitia sebesar Rp. 10.000.000,- (sepuluh juta rupiah) yang dinyatakan dalam Surat Pernyataan bermeterai.
13. Seleksi dilakukan dengan sistem gugur, keputusan Panitia bersifat mutlak tidak dapat diganggu gugat.
14. Tidak diadakan surat menyurat untuk penerimaan CPNS ini.

Jakarta, Oktober 2010
Panitia Pengadaan CPNS BKPM T.A. 2010
Ketua,

Ttd

Parwoto Taruno

Tuesday, October 5, 2010

Hasil Seleksi Administrasi CPNS KEMENTERIAN PERDAGANGAN 2010

PANITIA REKRUTMEN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL
KEMENTERIAN PERDAGANGAN
TAHUN 2010
PENGUMUMAN
Nomor : 06/SJ-DAG/REK-CPNS/10/2010


Berdasarkan hasil seleksi administrasi Pelamar CPNS Kementerian Perdagangan Tahun 2010, berikut ini terlampir daftar nomor peserta ujian tertulis yang lulus seleksi administrasi untuk penempatan Jakarta, Yogyakarta, Medan, Banjarmasin, dan Makassar.

Bagi para calon peserta ujian tertulis yang nomor pesertanya tercantum dalam daftar terlampir, diharapkan mengambil kartu peserta ujian pada tanggal 9 Oktober 2010, pukul 08.00 – 15.00 waktu setempat, di tempat sesuai lokasi dan penempatan masing-masing dengan alamat sebagai berikut:
Jakarta di Gedung Kementerian Perdagangan, JL. M.I. Ridwan Rais No.5, Jakarta Pusat, untuk peserta yang lulus seleksi administrasi tahap III (tanggal 1 Oktober 2010).
Yogyakarta di Balai Standarisasi Metrologi Legal, Jl. Letjen. R. Soeprapto No.64, Ngampilan, Yogyakarta.
Medan di Balai Standarisasi Metrologi Legal, Jl. Sunggal No.70, Medan.
Banjarmasin di Balai Standarisasi Metrologi Legal, Jl. Dharma Praja Raya No.15 Rt.12, Banjarmasin.
Makassar di Balai Standarisasi Metrologi Legal, Jl. Landak Baru No.27, Makassar.

Pengumuman hasil seleksi administrasi pelamar CPNS untuk lokasi ujian dan penempatan Jakarta Tahap IV (terakhir) dan Bandung Tahap II (terakhir) akan di upload tanggal 7 Oktober 2010. Pendistribusian nomor ujian dilaksanakan pada tanggal 9 Oktober 2010 di masing-masing lokasi, yaitu Jakarta di Gedung Kementerian Perdagangan, JL. M.I. Ridwan Rais No.5, Jakarta Pusat dan Bandung di Balai Diklat Metrologi Jl. Daeng Muhammad Ardiwinata km 3,4, Cihanjuang, Parongpong, Jawa Barat.

Selanjutnya pelaksanaan ujian tertulis akan dilaksanakan serentak pada hari Selasa tanggal 12 Oktober 2010 pukul 08.00 WIB/WITA/WIT, untuk lokasi dan penempatan sebagai berikut:
Jakarta di Istora, Gelora Bung Karno Jakarta.
Bandung di Balai Diklat Metrologi Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Perdagangan, Jl. Daeng Muhammad Ardiwinata Km.3.4, Cihanjuang – Parompong, Bandung.
Yogyakarta di University Club, Universitas Gadjah Mada (UC-UGM), Jl. Pancasila No.2, Bulaksumur Yogyakarta.
Medan di Gedung P3ED, Jl. Iskandar Muda No.272, Medan.
Makassar di Gedung P3ED, Jl. Sam Ratulangi No.93, Makassar.
Banjarmasin di Kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kalimantan Selatan, Jl. D.I. Panjaitan No.41, Banjarmasin.

Demikian pengumuman ini disampaikan untuk diketahui dan dipatuhi.

Silahkan download pengumuman lengkap disini:

download

PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL (CPNS) SEKRETARIAT JENDERAL KOMISI YUDISIAL 2010

KOMISI YUDISIAL
REPUBLIK INDONESIA
PENGUMUMAN
NOMOR : 01/PENG/SET.KY/X/2010
TENTANG
PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL
SEKRETARIAT JENDERAL KOMISI YUDISIAL TAHUN ANGGARAN 2010

Berdasarkan Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 212 Tahun 2010 tentang Formasi Pegawai Negeri Sipil Sekretariat Jenderal Komisi Yudisial Tahun Anggaran 2010, dengan ini Sekretariat Jenderal Komisi Yudisial membuka kesempatan kepada seluruh Warga Negara Republik Indonesia yang berminat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Sekretariat Jenderal Komisi Yudisial Republik Indonesia, dengan kualifikasi dan ketentuan sebagai berikut :

1. Formasi Jabatan dan Kualifikasi Pendidikan yang dibutuhkan :
Kode Jabatan Nama Jabatan - Kualifikasi Pendidikan - Jumlah
001 Penyusun Bahan Seleksi Hakim - S1 Hukum - 2
002 Penyusun Bahan Pengembangan Hakim - S1 Hukum -1
003 Analis Prestasi & Jasa Hakim - S1 Hukum - 1
004 Penyusun Bahan Penghargaan - S1 Hukum - 1
005 Analis Pengaduan Masyarakat - S1 Hukum - 3
006 Pemeriksa Kasus - S1 Hukum - 7
007 Investigator - S1 Hukum - 4
008 Auditor - S1 Ekonomi Manajemen - 1
009 Pranata Komputer - S1 Sistem Informasi - 1
010 Pranata Komputer - D3 Sistem Informasi - 1
011 Pranata Komputer - D3 Komputer - 1
012 Pranata Humas - S1 Komunikasi - 1
013 Pranata Humas - D3 Desain Grafis - 1
014 Penata Laporan Keuangan - S1 Akuntansi - 1
015 Analis Kepegawaian - S1 Ekonomi Manajemen - 1
016 Analis Hukum - S1 Hukum - 2
017 Arsiparis - D3 Kearsipan - 1
018 Pengawas Pengelolaan Bangunan - S1 Teknik Sipil - 1
019 Verifikator Keuangan - D3 Akuntansi - 1
020 Penghubung Antar Lembaga - S1 Hubungan Internasional - 2
021Protokol -S1 Komunikasi -2
Jumlah : 36

2. Persyaratan Pelamar
a. Persyaratan Umum
1) Warga Negara Indonesia;
2) Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa;
3) Memiliki integritas tinggi terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia;
4) Tidak pernah dihukum penjara berdasarkan putusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap, dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian;
5) Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai CPNS/PNS/Anggota TNI/Anggota Kepolisian Negara atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;
6) Tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS/Calon Anggota TNI/Calon Anggota POLRI serta anggota TNI/Anggota POLRI;
7) Memenuhi persyaratan kualifikasi pendidikan (jenjang dan jurusan) yang sesuai dengan formasi jabatan;
8) Berusia minimal 18 (delapan belas) tahun, maksimal 35 (tiga puluh lima) tahun pada tanggal 1 Desember 2010;
9) Sehat jasmani dan rohani dibuktikan dengan Surat Keterangan Sehat dari Dokter Pemerintah.
b. Persyaratan Khusus
1) Ijazah pelamar yang diakui adalah ijazah yang diperoleh dari Perguruan Tinggi Negeri/Swasta dengan program studi minimal terakreditasi B oleh BAN-PT;
2) Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) diutamakan 3,00 keatas untuk S1 dan 2,75 keatas untuk D3 dalam skala 4;

3. Berkas Lamaran dilampiri
a. Surat lamaran ditulis dan ditandatangani sendiri dengan tinta hitam di atas kertas bermaterai Rp.6000,- ditujukan kepada Sekretaris Jenderal Komisi Yudisial Republik Indonesia, Jl. Kramat Raya No.57 Jakarta Pusat dengan menyebutkan nama dan kode jabatan yang dikehendaki ditulis pada sudut kiri atas amplop;
b. Surat lamaran dikirim ke Sekretariat Jenderal Komisi Yudisial Republik Indonesia selambat-lambatnya tanggal 15 Oktober 2010 (stempel pos) melalui PO BOX 2685 JKP 10026 dengan dilampiri :
1) Foto copy sah ijazah terakhir dan transkrip nilai yang telah dilegalisir oleh pejabat berwenang :
- Universitas oleh Rektor/Dekan/Pembantu Dekan Bidang Akademik;
- Sekolah Tinggi oleh Ketua/Pembantu Ketua Bidang Akademik;
- Akademi dan Politeknik oleh Direktur/Pembantu Direktur Bidang Akademik;
2) Fotocopy sah ketetapan akreditasi program dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) sebanyak 1 lembar;
3) Daftar Riwayat Hidup (formulir dapat diunduh melalui www.komisiyudisial.go.id);
4) Foto copy Surat Keterangan Catatan Kepolisian yang masih berlaku dan dikeluarkan oleh pihak yang berwajib / POLRI yang telah dilegalisir;
5) Foto copy surat keterangan sehat jasmani dan rohani yang dikeluarkan oleh Rumah Sakit Pemerintah atau Puskesmas yang telah dilegalisir;
6) Foto copy surat keterangan tidak mengkonsumsi/menggunakan narkotika, psikotropika, prekursor, dan zat adiktif lainnya dari unit pelayanan kesehatan pemerintah (dilengkapi apabila telah dinyatakan lulus seleksi psikotest);
7) Pas Foto berwarna terbaru ukuran 3x4 cm sebanyak 4 lembar
8) Foto copy KTP yang masih berlaku;
9) Foto copy Kartu Pencari Kerja (Kartu Kuning) yang masih berlaku yang telah dilegalisir;
c. Surat Lamaran beserta lampirannya disusun rapi dan dimasukkan ke dalam map berwarna :
1) KUNING untuk D3
2) MERAH untuk S1

4. Seleksi Administrasi
a. Berkas yang telah diterima akan dilakukan seleksi administrasi;
b. Bagi pelamar yang memenuhi persyaratan administrasi akan diumumkan melalui situs resmi Komisi Yudisial Republik Indonesia www.komisiyudisial.go.id dan papan pengumuman pada tanggal 27 Oktober 2010;
c. Pelamar yang diyatakan lulus seleksi administrasi dapat mengambil tanda peserta ujian di Kantor Komisi Yudisial Republik Indonesia, Jl.Kramat Raya No.57 Jakarta Pusat pada tanggal 28 s/d 29 Oktober 2010 pukul 09.00 s/d 15.00 WIB.

5. Lain-lain
a. Bagi pelamar yang tidak memenuhi persyaratan sebagaimana yang ditentukan, tidak akan diikut sertakan dalam seleksi/ujian;
b. Panitia tidak menerima berkas lamaran yang disampaikan secara langsung ke kantor Komisi Yudisial Republik Indonesia;
c. Para Pelamar tidak dipungut biaya;
d. Kelulusan Pelamar pada setiap tahapan tes ditentukan oleh kemampuan dan kompetensi pelamar. Apabila ada pihak/oknum yang menawarkan jasa dengan menjanjikan untuk dapat diterima menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Sekretariat Jenderal Komisi Yudisial Republik Indonesia dengan meminta imbalan tertentu, maka perbuatan tersebut adalah penipuan. Panitia tidak bertanggung jawab atas perbuatan pihak/oknum tersebut;
e. Apabila pelamar memberikan keterangan/data yang tidak benar dan dikemudian hari diketahui baik pada saat setiap tahapan tes/ujian, maupun setelah diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Sekretariat Jenderal Komisi Yudisial Republik Indonesia, Sekretaris Jenderal Komisi Yudisial Republik Indonesia berhak membatalkan kelulusan tersebut dan/atau memberhentikan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil/Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Sekretariat Jenderal Komisi Yudisial.
f. Keputusan Panitia Pengadaan CPNS Sekretariat Jenderal Komisi Yudisial Republik Indonesia Tahun Anggaran 2010 bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
Jakarta,

PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS) BATAN 2010

PENGUMUMAN
PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL BATAN
TAHUN ANGGARAN 2010
NOMOR : 11088/KP 00 02/X/2010


Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 234 Tahun 2010 tanggal 20 September 2010 tentang Formasi Pegawai Negeri Sipil BATAN Tahun Anggaran 2010, BATAN membuka kesempatan kepada Warga Negara Indonesia, dengan Kualifikasi Pendidikan, Jabatan, Rincian Tugas dan Lokasi Penempatan yang dapat dilihat pada situs http://www.batan.go.id.

I. PERSYARATAN UMUM
Warga Negara Republik Indonesia, berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara (kurungan), tidak dalam kedudukan sebagai pengurus/ anggota parpol, tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS/Anggota TNI/Polri maupun sebagai pegawai swasta, sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna, tidak dalam kondisi hamil dan bersedia tidak hamil selama berstatus sebagai CPNS, tidak berstatus sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)/Pegawai Negeri Sipil (PNS).

II. PERSYARATAN KHUSUS
1. IPK minimal :
a. 3,00 untuk S2
b. 2,75 untuk Dokter/S1/DIV dan DIII;

2. Usia :
a. S2 dan Dokter : Maksimal 30 tahun pada tanggal 1 Desember 2010
b. S1 dan DIV : Maksimal 27 tahun pada tanggal 1 Desember 2010
c. DIII : Maksimal 25 tahun pada tanggal 1 Desember 2010

3. Berasal dari Perguruan Tinggi dengan program studi yang sesuai dengan syarat jabatan yang dibutuhkan, dengan Akreditasi minimal B.
4. Lulusan dari Perguruan Tinggi Luar Negeri wajib melampirkan Surat keputusan pengesahan ijazah dari Direktorat Pendidikan Tinggi (DIKTI).

III. TATA CARA PELAMARAN DAN PERSYARATAN ADMINISTRASI
1. Pendaftaran pelamar dibuka mulai tanggal 1 s/d 15 Oktober 2010 dengan mengisi Formulir Pendaftaran secara On-Line melalui Situs BATAN: http://www.batan.go.id/
2. Surat lamaran dikirim melalui pos dengan mencantumkan “lamaran dan kode jabatan” yang dipilih pada pojok kiri atas amplop lamaran, ditujukan kepada :

Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional
Kantor Pusat Badan Tenaga Nuklir Nasional,
Jl. KuNingan Barat, Mampang Prapatan,
Jakarta 12710,
Kotak Pos 4390 Jakarta 12043

3. Surat lamaran diterima oleh Panitia Pengadaan CPNS BATAN paling lambat tanggal 20 Oktober 2010.

4. Surat lamaran ditulis tangan dan ditandatangani sendiri dengan tinta hitam (tidak boleh diketik), dengan melampirkan berkas/dokumen sebagai berikut:
a. Hasil cetakan (print-out) Formulir Pendaftaran On-Line yang telah ditandatangani;
b. Daftar Riwayat Hidup ;
c. Photo Copy Ijazah dan Transkrip Nilai yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang, Surat keterangan lulus / Ijazah sementara tidak berlaku;
d. Photo Copy Ijazah dan Transkrip DIII untuk pelamar lulusan S1 dari program DIII;
e. Photo Copy Ijazah dan Transkrip Nilai jenjang S1 untuk pelamar lulusan S2;
f. Surat Keterangan Akreditasi untuk yang tidak mencantumkan akreditasi pada ijazah;
g. Surat Pernyataan bersedia membayar ganti rugi yang dibuat menurut contoh klik disini ;
h. Surat Pernyataan tidak dalam kondisi hamil dan bersedia tidak hamil selama menjadi CPNS BATAN, bagi peserta wanita klik disini;
i. Pas photo berwarna ukuran 3 X 4 cm sebanyak 2 lembar dan 4 x 6 cm sebanyak 2 lembar;
j. Photo Copy KTP;
k. Photo Copy Kartu Tanda Pencari Kerja (Kartu Kuning);
l. Photo Copy Halaman Judul dan Abstrak Tugas Akhir/Tesis/Disertasi.

5. Panitia akan memanggil maksimal 20 (dua puluh) pelamar dengan ranking IPK tertinggi untuk setiap jabatan, dari PTN/PTS/Program Ekstensi atau program S1 lanjutan dari DIII dengan perbandingan secara proporsional.
6. Panitia berhak menggugurkan peserta apabila data yang diisikan di situs BATAN tidak sama atau tidak memenuhi syarat yang telah ditentukan dan/atau tidak mengirimkan berkas lamaran sesuai yang ditentukan.
7. Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi tahap akhir, namun formasi jabatan yang dipilih sudah penuh dapat dipindahkan ke formasi jabatan yang masih tersedia dengan kualifikasi jabatan yang setara dan syarat pendidikan yang sama.
8. Pelamar tidak dipungut biaya apapun. Apabila ada pihak/oknum yang menjanjikan dapat membantu untuk diterima menjadi CPNS BATAN dengan atau tanpa meminta imbalan dalam bentuk apapun yang merupakan tindak penipuan, segera menghubungi BATAN melalui pesawat telepon (021) 5204245 dan (021) 5251109, Pes. 383, 366, 384 atau email ke bsdm@batan.go.id.
9. Keputusan Panitia tidak dapat diganggu gugat.

IV. MATERI, JADWAL TEST DAN LAIN-LAIN
1. Pelamar yang lulus seleksi administrasi akan diumumkan melalui situs BATAN dan sekaligus mendapatkan nomor ujian pada tanggal 22 Oktober 2010.
2. Pelamar yang lulus seleksi Administrasi wajib datang ke Kantor Pusat BATAN Lantai VI Gedung A, Jl. Kuningan Barat, Mampang Prapatan – Jakarta Selatan pada tanggal 25 Oktober 2010 pukul 08.30 s/d 13.00 WIB untuk verifikasi dan pengesahan Kartu Tanda Peserta Ujian CPNS BATAN 2010 dengan membawa KTP.
3. Materi Tes tertulis terdiri dari:
a. Tes Kompetensi Dasar (Tes Pengetahuan Umum, Tes Bakat Skolastik, dan Tes Skala Kematangan)
b. Tes Kompetensi Bidang (sesuai dengan pendidikan pelamar)
4. Tes tertulis akan dilaksanakan pada tanggal 26 Oktober 2010 pukul 08.30 s/d 13.00 WIB di Istora Senayan.
5. Pelamar yang dinyatakan lulus dalam tes tertulis akan diikutsertakan dalam seleksi tahap berikutnya (jadwal menyusul).

PENERIMAAN CALON HAKIM DAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS) MAHKAMAH AGUNG RI 2010

PENERIMAAN CALON HAKIM DAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL DI LINGKUNGAN MAHKAMAH AGUNG RI 2010

Sehubungan dengan Surat Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI tanggal 22 Juli 2010 Nomor: 590.F/M.PAN/RB/07/2010 perihal Persetujuan Prinsip Tambahan Formasi CPNS Pusat Tahun 2010, maka Mahkamah Agung RI akan melaksanakan penerimaan Calon Hakim dan Calon Pegawai negeri Sipil (CPNS) Tahun Anggaran 2010, dengan ini disampaikan hal-hal sebagai berikut:

A. Pembentukan Panitia Tingkat Daerah
1. Panitia Gabungan terdiri dari Peradilan Umum, Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara dikoordinir oleh Pengadilan Tinggi untuk menerima lamaran peserta Calon Hakim Peradilan Umum dan Calon Hakim Peradilan TUN serta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).
2. Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara tidak dibenarkan untuk menerima lamaran, baik Calon Hakim Peradilan TUN maupun Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).
3. Pengadilan Militer Tinggi tidak dibenarkan untuk menerima lamaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).
4. Panitia Pengadilan Tinggi Agama menerima lamaran untuk peserta Calon Hakim Peradilan Agama dan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Khusus peserta Calon Hakim Agama dan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di wilayah Denpasar mendaftar pada Pengadilan Tinggi Denpasar.
5. Panitia tersebut diatas bertugas menginformasikan, mengatur dan menyiapkan hal-hal yang bersifat tehnis antara lain :
a. Pengumuman persyaratan penerimaan Calon Hakim dan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) melalui papan pengumuman pada Pengadilan Tingkat Banding seluruh Indonesia mulai tanggal 1 Oktober 2010 dan melalui Internet dapat diakses dengan situs http://www.mahkamahagung.go.id, http://www.badilag.net/ dan http://badilum.info
b. Menyediakan sarana dan prasarana serta fasilitas penunjang lainnya.
c. Menerima pendaftaran berkas lamaran Calon Hakim (Cakim) dan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) mulai tanggal 4 s/d 6 Oktober 2010 dari jam 08.00 s/d 14.00 waktu setempat
d. Diberikan kewenangan kepada Pengadilan Tingkat Banding untuk membentuk Tim Penguji Tes Komputer dan harus mengadakan Tes Komputer bagi semua Calon Peserta yang soalnya telah ditentukan oleh panitia pusat apabila calon peserta dinyatakan lulus selanjutnya baru ke Tim Seleksi kelengkapan persyaratan berkas lamaran dan menentukan boleh tidaknya mengikuti ujian penyaringan secara tertulis (baru mendapatkan nomor peserta ujian). (Soal ujian komputer berada di Ketua Pengadilan Tinggi / Pengadilan Tinggi Agama)
e. Melaporkan ke Panitia Pusat Mahkamah Agung RI c.q Biro Kepegawaian dengan nomor fax (021) 3454429 / (021) 3453553 / (021) 3814349 / (021) 3504224 atau melalui email : biro_kepegawaian_mari@yahoo.co.id jumlah peserta yang telah mendaftar berikut rincian berdasarkan klasifikasi pendidikan dan jabatan yang dilamar.
f. Jumlah peserta berdasarkan rincian klasifikasi pendidikan dan jabatan yang dilamar tersebut selambat-lambatnya diterima oleh Panitia Pusat c.q Biro Kepegawaian dengan alamat email biro_kepegawaian_mari@yahoo.co.id pada tanggal 8 Oktober 2010 (Lampiran I) beserta Soft Copy Daftar Biodata Pelamar (Lampiran II).
g. Dalam melaksanakan ujian seleksi penerimaan Calon Hakim dan Calon Pegawai Negeri Sipil selalu berkoordinasi dengan Panitia Pusat c.q Biro Kepegawaian melalui telepon (021) 3457661 ext. 402 atau (021) 3454429 atau melalui email biro_kepegawaian_mari@yahoo.co.id
h. Menyiapkan daftar hadir peserta (sesuai contoh terlampir).

6. Biaya pelaksanaan ujian di daerah akan memperoleh dana bantuan dariMahkamah Agung RI.

B. Jumlah formasi yang tersedia untuk Tahun Anggaran 2010 sebanyak 1.383 orang, terdiri dari :
1. Calon Hakim : 205 orang
2. Calon Pegawai Negeri Sipil : 1.178 orang
3. Jumlah formasi NASIONAL sebanyak 1.383 orang ini untuk Peradilan seluruh Indonesia, dengan perincian :
a. Cakim Peradilan Umum sejumlah 100 orang, dengan kualifikasi pendidikan Sarjana Hukum.
b. Cakim Peradilan Agama, sejumlah 75 orang, dengan kualifikasi pendidikan S1. Hukum Islam atau S1. Hukum yang menguasai Hukum Islam.
c. Calon Hakim Tata Usaha Negara (TUN) sejumlah 30 orang, dengan kualifikasi pendidikan Sarjana Hukum.
d. Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sejumlah 1.178 orang untuk 4 (empat) lingkungan peradilan dengan rincian kualifikasi pendidikan sebagai berikut :
1. S1 (Starata 1) sejumlah 936 orang
2. D3 (Diploma 3) sejumlah 312 orang

4. Formasi Calon Hakim dan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) diperuntukan bagi yang bukan Pegawai Negeri Sipil (pelamar umum), oleh karena itu bagi Pegawai Negeri Sipil yang akan mengikuti ujian Calon Hakim harus melampirkan dalam lamarannya Surat Keputusan telah mengundurkan diri sebagai Pegawai Negeri Sipil dari Instansi masing- masing, apabila terbukti sebagai PNS, maka pengusulan yang bersangkutan tidak akan diproses.
5. Surat lamaran ditujukan kepada Sekretaris Mahkamah Agung RI d.a Jl. Medan Merdeka Utara No.9-13 Jakarta Pusat, dengan mencantumkan alamat peserta yang jelas beserta kode pos dan nomor telepon yang dapat dihubungi dengan melampirkan syarat-syarat pendaftaran.

C. Materi seleksi Ujian penerimaan Calon Hakim (Cakim) dan Calon Pegawai Negeri Sipil adalah :
1. Test Kompetensi Dasar (TKD) dengan waktu pengerjaan soal selama 120 menit yang dikerjakan oleh semua peserta, materinya terdiri dari :
a. Test Pengetahuan Umum (TPU).
b. Test Bakat Skolastik (TBS).
c. Test Skala Kematangan (TSK)

2. Test Kompetensi Bidang (TKB) dengan waktu pengerjaan soal selama 120 menit dikerjakan oleh semua peserta berdasarkan kualifikasi pendidikan.
3. Materi Ujian tambahan untuk Calon Hakim :
a. Pengetahuan Ilmu Hukum (Tes Substansi / ujian tertulis) dengan waktu pengerjaan soal selama 120 menit.
b. Wawancara (dilaksanakan setelah dinyatakan lulus ujian tertulis).
c. Psikotest (dilaksanakan setelah dinyatakan lulus ujian tertulis).
d. Baca Kitab (untuk Calon Hakim Agama, dilaksanakan setelah dinyatakan lulus ujian tertulis).

4. Peserta seleksi Ujian diwajibkan membawa :
a. Kartu Tanda Pengenal (KTP) yang masih berlaku.
b. Nomor peserta ujian.
c. Pensil 2B dan rautan.
d. Penghapus.
e. Ballpoint.
f. Penggaris.
g. Papan alas menulis.

5. Pakaian Peserta seleksi Ujian :
a. Untuk pria berpakaian kemeja dan celana panjang dari bahan kain serta memakai sepatu.
b. Untuk wanita berpakaian blus dan rok / celana panjang dari bahan kain serta memakai sepatu.

6. Soal ujian beserta Lembar Jawaban Komputer dibawa oleh Panitia Pusat Mahkamah Agung RI ke Pengadilan Tingkat Banding seluruh Indonesia.

D. Pelaksanaan Seleksi dan Pengumuman Hasil Ujian.
1. Pelaksanaan seleksi Ujian Tertulis dilaksanakan pada tanggal 26 Oktober 2010.
2. Tempat pelaksanaan Ujian Tertulis Pengadilan Tinggi dan Pengadilan Tinggi Agama
3. Pemeriksaan hasil Ujian Tertulis Calon Hakim (Cakim) dan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dilaksanakan oleh Tim seleksi dari Perguruan Tinggi Negeri
4. Pengumumuman hasil seleksi ujian tertulis diumumkan paling cepat 14 hari setelah seleksi ujian tertulis,
5. Pengumuman hasil seleksi ujian melalui internet dengan alamat website http://www.mahkamahagung.go.id, http://www.badilag.net/ dan http://badilum.info
6. Bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang telah dinyatakan lulus diwajibkan melampirkan ASLI Surat Keterangan Berbadan Sehat, Surat Keterangan Bebas Narkoba dari Rumah Sakit Pemerintah, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Kepolisian setempat, dan Kartu Kuning dari Depnaker yang masih berlaku.
7. Bagi Calon Hakim Peradilan Umum / Agama / Tata Usaha Negara yang dinyatakan lulus ujian tertulis selanjutnya mengikuti Tes Psikotest, wawancara dan membaca kitab bagi Calon Hakim Peradilan Agama, dan diwajibkan membawa Surat Keterangan Bebas Narkoba dari Rumah Sakit Pemerintah setempat pada saat mengikuti Tes Wawancara dan Psikotest.
8. Pelaksanaan psikotest,wawancara dan baca kitab (akan ditentukan lebih lanjut melalui website : http://www.mahkamahagung.go.id dan http://badilag.net dibagi 3 (tiga) wilayah yaitu :
a. Mahkamah Agung RI
b. PT. Jawa timur di Surabaya
c. PT. Sulawesi Selatan dan barat di Makassar

9. Bagi Calon Hakim (Cakim) dan Calon Pegawai Negeri SIpil (CPNS) yang telah dinyatakan lulus tidak boleh mengundurkan diri dengan membuat surat pernyataan bermaterai (Lampiran III)

Silahkan lihat pengumuman lengkap disini:
pengumuman

Lain-Lain