Pilih Bahasa yang kamu kuasai,
Choose your language! To facilitate understanding this blog!
Powered By Blogger

Saturday, October 23, 2010

Penerimaan Pegawai Negeri Sipil Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) 2010

Penerimaan Pegawai Negeri Sipil Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) 2010

A. Persyaratan Administrasi Umum

1. Warga Negara Indonesia.

2. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan keputusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap, karena melakukan sesuatu tindakan pidana kejahatan dengan dibuktikan oleh Surat

3. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil, atau tidak hormat sebagai pegawai swasta.

4. Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil/Pegawai Negeri Sipil/TNI dan Polri.

5. Bersedia ditempatkan pada unit-unit kerja di lingkungan BPPT dan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah negara Republik Indonesia.

6. Tidak menjadi pengurus dan/atau anggota partai politik.

7. Berbadan sehat (jasmani dan rohani, serta tidak buta warna).



B. Persyaratan Khusus



1. Usia :

a. SMK maksimal 20 tahun (terhitung tanggal 1 Januari 2011);

b. D1 maksimal 23 tahun (terhitung tanggal 1 Januari 2011);

c. D2 maksimal 25 tahun (terhitung tanggal 1 Januari 2011);

d. DIII maksimal 25 tahun (terhitung tanggal 1 Januari 2011);

e. S1 maksimal 28 tahun (terhitung tanggal 1 Januari 2011);

f. Dokter Gigi maksimal 30 tahun (terhitung tanggal 1 Januari 2011).

2. Untuk dokter gigi memiliki sertifikat profesi dokter gigi, untuk S1 berijazah sesuai dengan kualifikasi yang ditetapkan, dengan akreditasi Badan Akreditasi Nasional A (BAN-A) atau BAN-B bagi lulusan dalam negeri, dan telah memperoleh pengakuan ijasah dari Dirjen Pendidikan Tinggi – Kementerian Pendidikan Nasional dan bagi lulusan SMK memiliki ijazah SMK Negeri/Swasta.

3. Nilai ketentuan Hasil Ujian Nasional dan Nilai IPK :

* SMK minimal nilai hasil Ujian Nasional, masing-masing untuk mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris lebih dari atau sama dengan 7,00 (tujuh koma nol nol)
* DI minimal 2,75 (skala 4) untuk PTN dan minimal 3,00 untuk PTS;
* DII minimal 2,75 (skala 4) untuk PTN dan minimal 3,00 untuk PTS;
* DIII minimal 2,75 (skala 4) untuk PTN dan minimal 3,00 untuk PTS;
* S1 minimal 2,75 (skala 4) untuk PTN dan minimal 3,00 untuk PTS.



C. Persyaratan Administrasi Khusus :

1. Bagi pelamar yang telah melakukan registrasi dari portal www.bppt.go.id/lowongan dan oleh sistem komputer dinyatakan telah memenuhi syarat, akan mendapatkan nomor registrasi yang harus dicetak/print-out. Form Registrasi tersebut untuk selanjutnya dikirimkan bersama berkas surat lamaran. Paling lambat registrasi dilakukan pada tanggal 1 Nopember 2010.

2. Surat lamaran yang ditulis tangan

3. Fotocopy Ijazah terakhir yang telah dilegalisir (cap, tanda tangan asli oleh Kepala Sekolah untuk lulusan SMK dan cap, tanda tangan asli oleh Dekan, Direktur atau Ditjen Dikti, Kemdiknas bagi lulusan perguruan tinggi luar negeri). Surat Keterangan kelulusan dinyatakan tidak berlaku.

4. Fotocopy Transkip Nilai/IPK yang telah dilegalisir oleh Dekan, Direktur atau Ditjen Dikti, Kementerian Pendidikan Nasional bagi lulusan perguruan tinggi luar negeri.

5. Fotocopy Akte Kelahiran.

6. Fotocopy KTP yang masih berlaku.

7. Fotocopy SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) yang masih berlaku.

8. Pas Foto berwarna terbaru ukuran 3x4 sebanyak 3 (tiga) lembar.

9. Alamat pelamar harus ditulis secara lengkap dan jelas dengan mencantumkan kode pos, no.telepon/handphone dan alamat email jika ada.

Cantumkan nomor registrasi lamaran sesuai dengan jurusan bidang pendidikan pada pojok kiri atas amplop lamaran.

Surat lamaran paling lambat diterima oleh Panitia Seleksi CPNS BPPT tertanggal 1 Nopember 2010 di Gd. 1 BPPT Lantai 6.

10. Fotokopi halaman judul dan abstrak tugas akhir/skripsi (bagi lulusan S1).

11. Fotokopi surat keterangan pengalaman kerja bagi yang pernah/sedang bekerja.



Catatan :

a. Berkas lamaran paling lambat diterima Panitia Seleksi CPNS BPPT TA. 2010 pada hari Senin,1 Nopember 2010 di Gd. 1 BPPT, Lantai 6 – Jakarta.

b. Surat lamaran beserta kelengkapannya disusun rapi sesuai urutannya (lihat point C) dalam map :

1. Warna Merah untuk SMK

2. Warna Kuning untuk Diploma I (D I)

3. Warna Biru untuk Diploma II (D II)

4. Warna Coklat untuk Diploma III (D III)

5. Warna Hijau untuk S1

6. Warna Abu-Abu untuk Dokter Gigi



Map tersebut lalu dimasukan ke dalam amplop coklat tertutup dan ditujukan kepada :





Tim Pengadaan CPNS BPPT TA. 2010

Gedung 1 BPPT Lantai 6

Jl. MH Thamrin No. 8

JAKARTA PUSAT - 10340









Contoh Penulisan dalam Amplop Lamaran download di sini

D. Pelaksanaan Ujian/Tes Tertulis :



1. Waktu pelaksanaan Ujian/Tes : pukul 07.00–17.00, 11 Nopember 2010 untuk semua wilayah (Jakarta, Palembang dan Makasar)

2. Tempat Ujian/Tes

a. Untuk Jakarta : Ruang Auditorium BPPT, Gd.2 BPPT Lt. 3, Jl. MH Thamrin No. 8 – Jakarta Pusat

b. Untuk Palembang : tempat akan ditentukan kemudian

c. Untuk Makasar : tempat akan ditentukan kemudian



3. Peserta yang dinyatakan lulus ujian/tes tertulis akan diseleksi kembali melalui ujian (job test)



E. Lain-Lain



Dalam proses registrasi, recrutment dan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi Tahun Anggaran 2010 berlaku ketentuan sebagai berikut :

1. Berkas lamaran yang tidak lengkap atau tidak disertai nomor registrasi lamaran dinyatakan tidak memenuhi syarat.

2. Dalam rangka recruitment dan seleksi Negeri Sipil ini Panitia tidak mengadakan bimbingan tes atau persiapan pendahuluan dan tidak memungut biaya apapun selama proses seleksi/tes.

3. Biaya transportasi dan akomodasi selama mengikuti proses recruitment dan seleksi ditanggung pelamar.

4. Setiap pelamar dapat melihat Pengumuman dan informasi lain yang berkaitan dengan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil BPPT secara online melalui portal www.bppt.go.id/lowongan

5. Kelulusan pelamar pada ujian tes yang dilaksanakan oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi ditentukan oleh kemampuan dan kompetensi peserta tes pada saat ujian/tes tertulis hingga job test. Apabila ada pihak/oknum yang menawarkan jasa dengan menjanjikan untuk dapat diterima menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan BPPT dengan imbalan tertentu, maka perbuatan tersebut adalah penipuan. Panitia tidak bertanggung jawab atas perbuatan pihak/oknum tersebut.

6. Lamaran yang disampaikan sebelum pengumuman ini dikeluarkan dinyatakan tidak berlaku.

7. Panitia tidak melayani komunikasi langsung dengan pelamar yang berkaitan dengan proses rekruitmen

8. Apabila pelamar memberikan keterangan/data yang tidak benar, dan dikemudian hari diketahui, baik pada seleksi administrasi, tes/ujian maupun setelah diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi maka Pejabat Kepegawaian BPPT berhak membatalkan kelulusan tersebut dan/atau memberhentikan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil/Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi dan menuntut ganti rugi atas kerugian negara yang terjadi akibat keterangan yang tidak benar tersebut serta melaporkan sebagai tindak pidana ke Pengadilan Negeri setempat, karena telah memberikan keterangan palsu.

9. Keputusan Panitia bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.


Jakarta, 19 Oktober 2010

Tim Pengadaan CPNS

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi TA. 2010

info lengkap klik disini:

bppt

PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL KOMISI PEMILIHAN UMUM

KOMISI PEMILIHAN UMUM
PENGUMUMAN
NOMOR : 1060/SJ/X/2010
TENTANG
PENYARINGAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL DI LINGKUNGAN SEKRETARIAT JENDERAL KOMISI PEMILIHAN UMUM,
SEKRETARIAT KOMISI PEMILIHAN UMUM PROVINSI DAN SEKRETARIAT KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN/KOTA TAHUN 2010


Berdasarkan Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 231 Tahun 2010 tanggal 20 September 2010 tentang Formasi Pegawai Negeri
Sipil Sekretariat Jenderal KPU Tahun Anggaran 2010, Sekretariat Jenderal KPU membuka kesempatan bagi putra putri terbaik bangsa menjadi Pegawai Negeri Sipil di lingkungan
Sekretariat Jenderal KPU, Sekretariat KPU Provinsi dan Sekretariat KPU Kabupaten/Kota, melalui Penyaringan Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Sekretariat Jenderal KPU,
Sekretariat KPU Provinsi dan Sekretariat KPU Kabupaten/Kota Tahun 2010, dengan ketentuan sebagai berikut :
I. Persyaratan Pelamar :
1. Warga Negara Indonesia.
2. Usia per tanggal 31 Oktober 2010 :
a. Pelamar dengan pendidikan D3 paling tinggi 28 tahun;
b. Pelamar dengan pendidikan S1 paling tinggi 35 tahun.
3. Pelamar harus memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK):
a. Pendidikan D3 Perguruan Tinggi Negeri/Swasta terakreditasi minimal B, IPK minimal 2.90;
b. Pendidikan S1 Perguruan Tinggi Negeri/Swasta terakreditasi minimal B, IPK minimal 2.90;
4. Mengusai program komputer microsoft office;
5. Tidak sedang dalam status belajar.
6. Tidak akan menuntut penyesuaian ijazah apabila memiliki ijazah lebih tinggi di luar formasi yang dibutuhkan.
7. Memenuhi persyaratan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan
8. Tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS, Calon/Anggota TNI dan POLRI.
9. Tidak berkedudukan sebagai pengurus/anggota partai politik.
10. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai CPNS/PNS/TNI/POLRI atau diberhentikan tidak dengan hormat
sebagai pegawai swasta.
11. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum.
12. Membuat surat pernyataan bersedia ditugaskan di lingkungan Sekretariat Jenderal KPU, Sekretariat KPU Provinsi dan Sekretariat KPU Kabupaten/Kota seluruh Indonesia
selama minimal 5 (lima) tahun berturut-turut.
13. Surat Keterangan Pencari Kerja (Kartu Kuning) dari Dinas Nakertrans
14. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku.
15. Surat Keterangan Sehat dari Rumah Sakit Pemerintah;
16. Surat Keterangan Bebas Narkoba yang dikeluarkan oleh Unit Pelayanan Kesehatan Pemerintah.
II. Ketentuan Pendaftaran.
1. Surat lamaran harus ditulis dengan tinta hitam dan alamat pelamar ditulis lengkap dengan mencantumkan kode pos, nomor telpon rumah, HP, serta ditanda tangani sendiri
oleh pelamar dengan bermaterai Rp. 6.000.-. yang ditujukan kepada :
a. Sekretaris Jenderal KPU (untuk alokasi formasi Sekretariat Jenderal KPU); atau
b. Sekretaris Jenderal KPU Cq. Sekretaris KPU Provinsi yang dituju pelamar (untuk Alokasi formasi Sekretariat KPU Provinsi).
2. Foto copy ijasah/STTB yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang.
3. Foto copy transkrip nilai akademik yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang.
4. Foto copy surat keterangan akreditasi Peguruan Tinggi Swasta yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang.
5. Daftar Riwayat Hidup.
6. Surat Pernyataan diatas materai Rp. 6.000,- (contoh Surat Pernyataan dapat dilihat/download di website KPU : www.kpu.go.id), meliputi :
a. Surat Pernyataan yang berisikan (dalam 1 Surat Pernyataan ), yaitu :
1. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan suatu tindak
pidana kejahatan;
2. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai pegawai negeri atau diberhentikan tidak dengan hormat
sebagai pegawai swasta;
3. Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil/Pegawai Negeri Sipil;
4. Tidak menjadi anggota dan atau pengurus partai politik;
5. Bersedia ditempatkan di Sekretariat Jenderal KPU, Sekretariat KPU Provinsi, dan Sekretariat KPU Kabupaten/Kota seluruh wilayah Republik Indonesia minimal 5
(lima) tahun berturut-turut sejak terhitung mulai tanggal pengangkatan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS).

b. Surat Pernyataan yang berisikan (dalam 1 Surat Pernyataan ), yaitu :
1. Tidak dalam proses belajar atau mengikuti pendidikan di akademi/perguruan tinggi manapun;
2. Melamar sebagai CPNS di lingkungan Sekretariat Jenderal KPU dan Sekretariat KPU Provinsi Tahun 2010 dengan formasi pendidikan ……………………………,
untuk itu apabila pada waktu melamar mempunyai ijazah yang setingkat ataupun lebih tinggi diluar formasi yang dibutuhkan Sekretariat Jenderal KPU dan Sekretariat
KPU Provinsi, maka jika diterima sebagai CPNS di lingkungan Sekretariat Jenderal KPU dan Sekretariat KPU Provinsi, bersedia tidak menuntut untuk penyesuaian
ijazah tersebut.
7. Pas foto berwarna terbaru ukuran (3 x 4) cm sebanyak 3 (tiga) lembar, pada bagian belakang foto tersebut ditulis nama pelamar.
8. Foto copy KTP.
9. Foto copy SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) yang masih berlaku dan dilegalisir oleh pejabat yang berwenang.
10. Surat Keterangan Kesehatan oleh Rumah Sakit pemerintah.
III. Tempat dan Waktu Pendaftaran.
1. Pendaftaran dilakukan melalui PO. Box di masing-masing Sekretariat KPU Provinsi yang telah ditentukan, berdasarkan pengumuman melalui koran lokal/website/papan
pengumuman di masing-masing Sekretariat KPU Provinsi, .
2. Waktu Pendaftaran dimulai tanggal 21 s.d 24 Oktober 2010 cap pos (batas akhir masuk PO.Box tanggal 24 Oktober 2010 pukul 16.00 waktu setempat).
3. Semua berkas lamaran pada angka II tersebut diatas, dimasukkan dalam map (kertas buffalo) warna biru untuk pelamar S1 dan warna kuning untuk pelamar D3 dengan
menuliskan kualifikasi pendidikan dihalaman muka (pojok kiri atas) map dan dimasukkan kedalam amplop tebal warna coklat dengan mencantumkan kualifikasi
pendidikan dan alokasi formasi yang dituju pada pojok kiri atas;.
4. Berkas lamaran yang diterima Tim Penyaringan CPNS menjadi milik Tim dan tidak dapat diminta kembali oleh pelamar.
IV. Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi.
Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi akan diumumkan tanggal 29 Oktober 2010 pada papan pengumuman masing-masing Kantor Sekretariat KPU Provinsi (untuk
Pelaksanaan di Jawa Barat yang meliputi formasi Sekretariat KPU Provinsi Jawa Barat, Sekretariat KPU Provinsi Banten, Sekretariat KPU Provinsi DKI Jakarta dan Sekretariat
Jenderal KPU dapat dilihat pada website KPU : www,kpu.go.id), selanjutnya pelamar diberikan Nomor Tanda Peserta Seleksi Tes Tertulis oleh Tim Penyaringan CPNS mulai
tanggal 3 dan 4 Nopember 2010 pukul 09.00 s.d. 15.00 waktu setempat (tidak ada perpanjangan waktu).
V. Materi Tes Tertulis.
Materi Ujian Tulis terdiri dari Tes Kompetensi Dasar (TKD), Tes Bakat Sekolastik (TBS), Tes Wawasan Kepemiluan dan Tes Bahasa Inggris.

VI. Pelaksanaan Ujian Tertulis.
1. Ujian tertulis dilaksanakan di masing-masing Sekretariat KPU Provinsi yang menyelenggarakan seleksi CPNS.
2. Tempat/lokasi ujian tertulis diumumkan pada papan pengumuman masing-masing Sekretariat KPU Provinsi.
3. Ujian tertulis dilaksanakan serentak di masing-masing Sekretariat KPU Provinsi seluruh Indonesia pada hari Minggu tanggal 7 Nopember 2010 pukul 08.00 waktu setempat;
4. Setiap mengikuti ujian, pelamar wajib membawa Asli Tanda Peserta Ujian.
5. Peserta Seleksi harus membawa pensil 2B asli, karet penghapus papan alas tulis dan rautan.
VII. Pengumuman Hasil Ujian Tertulis.
1. Pelamar yang lulus/diterima seleksi CPNS di lingkungan Sekretariat Jenderal KPU, Sekretariat KPU Provinsi dan Sekretariat KPU Kabupaten/Kota akan diumumkan pada
tanggal 19 Nopember 2010 melalui website KPU : www.kpu.go.id.
2. Keputusan Sekretaris Jenderal KPU tentang Nama-nama peserta seleksi CPNS Sekretariat Jenderal KPU yang dinyatakan lulus Seleksi CPNS di lingkungan Sekretariat
Jenderal KPU, Sekretariat KPU Provinsi, dan Sekretariat KPU Kabupaten/Kota Tahun 2010 bersifat mutlak dan tidak dapat di ganggu gugat.

info lengkap beserta lampiran klik disini:

kpu

PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL PUSAT DAN DAERAH KEMENTERIAN TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI RI 2010


PENGUMUMAN
Nomor : PENG.1303/OKP/X/2010
TENTANG
PENGADAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL PUSAT DAN DAERAH
KEMENTERIAN TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI RI
TAHUN ANGGARAN 2010

Menakertrans Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil Kemenakertrans tahun 2010 untuk mengisi formasi jabatan fungsional umum (Penata Laporan Keuangan, Verifikator Keuangan, Pengadministrasi Umum, Penguji Kesehatan, dsb.) dan fungsional tertentu (Instruktur, Pengantar Kerja, Mediator, Pengawas Ketenagakerjaan, Penggerak Swadaya Masyarakat, Pranata Komputer, Statistisi, dsb.) yang akan ditempatkan pada kantor Pusat dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) di seluruh Indonesia.

I. DASAR HUKUM :
Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor : 292 Tahun 2010 tentang Perubahan Lampiran I dan II Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor : 203 Tahun 2010 Tentang Formasi PNS Kemenakertrans Tahun Anggaran 2010.

II. PERSYARATAN PELAMAR :
A. Persyaratan Umum
1. Warga Negara Indonesia, berusia paling rendah 18 (delapan belas) tahun dan paling tinggi 35 (tiga puluh lima) tahun per 1 Desember 2010;
2. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan;
3. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;
4. Tidak berkedudukan sebagai PNS atau CPNS;
5. Tidak berkedudukan sebagai anggota dan atau pengurus partai politik;
6. Memenuhi kualifikasi pendidikan yang ditetapkan;
7. Berkelakuan baik, sehat jasmani maupun rohani;
8. Bersedia bekerja pada unit kerja di lingkungan Kemenakertrans, dan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

B. Persyaratan Khusus
1. Lulusan perguruan tinggi negeri maupun swasta yang terakreditasi minimal ‘B’ atau perguruan tinggi luar negeri yang telah mendapat pengesahan dari Kementerian Pendidikan Nasional;
2. Mempunyai indeks prestasi kumulatif (IPK) sekurang-kurangnya 2,75 bagi lulusan Sarjana (S1) dan sekurang-kurangnya 2,65 bagi lulusan Diploma Tiga (D3);
3. Diutamakan menguasai bahasa Inggris dengan dibuktikan hasil tes TOEFL terbaru minimal 500.

C. Persyaratan Lain
1. Pelamar yang dinyatakan lulus dan telah melakukan pemberkasan untuk diangkat menjadi CPNS, apabila mengundurkan diri dikenakan sanksi mengganti biaya seleksi sebesar Rp. 10.000.000,- (sepuluh juta rupiah) yang akan disetorkan ke kas negara;
2. Pelamar yang dinyatakan lulus bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan tidak diperkenankan mengajukan permohonan pindah dengan alasan apapun sebelum masa kerja mencapai minimal 5 (lima) tahun.

III. KUALIFIKASI PENDIDIKAN :
Silakan download pengumuman lengkap !

IV. TATA CARA PENDAFTARAN :
A. Penerimaan surat lamaran
1. Pengumuman pengadaan CPNS Kemenakertrans mulai tanggal 15 s.d. 28 Oktober 2010 melalui situs internet Kemenakertrans di www.depnakertrans.go.id;
2. Berkas lamaran disampaikan melalui pos ke PO Box 4049 JKTM 12700, cap pos terakhir tanggal 28 Oktober 2010;
3. Panitia tidak menerima surat lamaran yang diantar langsung;
4. Surat lamaran harus ditulis tangan dan ditandatangani sendiri oleh pelamar dengan menggunakan tinta hitam, ditujukan kepada Ketua Tim Pengadaan PNS Kemenakertrans Tahun Anggaran 2010;
5. Pelamar memilih lokasi ujian sesuai dengan wilayah ujian yang telah ditetapkan Panitia;
6. Berkas lamaran disusun rapi dalam map warna KUNING untuk Sarjana (S1) dan HIJAU untuk Diploma Tiga (D3). Selanjutnya dimasukkan dalam amplop coklat ukuran folio dan dikirim melalui Kantor Pos, kepada : KETUA TIM PENGADAAN PNS KEMENTERIAN TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI REPUBLIK INDONESIA TAHUN ANGGARAN 2010, PO BOX 4049 JKTM 12700
7. Berkas lamaran yang dikirim selain alamat diatas, tidak akan diproses;
8. Surat lamaran yang dikirim sebelum pengumuman ini dinyatakan tidak berlaku.

B. Surat lamaran dilengkapi dengan :
1. Daftar kelengkapan berkas (form 1), Formulir pendaftaran (form 2), dan Surat Pernyataan (form 3). Contoh formulir berformat file pdf dapat didownload melalui situs internet Kemenakertrans;
2. Pas photo terakhir ukuran 3 x 4 cm berwarna sebanyak 2 (dua) lembar ditempel pada form 1;
3. Foto copy ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir oleh Rektor/Dekan/Pembantu Dekan Bidang Akademik bagi Universitas/Institut, atau Ketua/Pembantu Ketua Bidang Akademik bagi Sekolah Tinggi, dengan menyebutkan pejabatnya (cap basah). Surat Keterangan Lulus tidak berlaku.
4. Foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku;
5. Foto copy Kartu tanda pencari kerja (Kartu Kuning/AK.1) dari Dinas yang menangani bidang Ketenagakerjaan yang masih berlaku dan dilegalisir;
6. Foto copy Surat Keterangan Catatan Kepolisian yang masih berlaku dan dilegalisir;
7. Foto copy hasil nilai tes TOEFL (bila ada);
8. Amplop surat biasa sebanyak 2 (dua) lembar ukuran 110 x 230 mm yang masing-masing ditulis dan ditujukan kepada nama dan alamat pelamar serta ditempel perangko secukupnya.

V. KETENTUAN LAIN-LAIN :
1. Seleksi administratif dilakukan dengan sistem gugur.
2. Pelaksanaan tes tertulis dilaksanakan di 3 (tiga) wilayah, yaitu : Jakarta, Medan, dan Makassar.
3. Peserta yang berhak mengikuti seleksi akan diberitahukan kemudian melalui surat tertulis dan situs internet Kemenakertrans meliputi nomor tanda peserta ujian, waktu dan lokasi seleksi.
4. Petunjuk pengisian Formulir Pendaftaran (form 2) dapat dilihat pada lampiran pengumuman ini.
5. Keputusan Tim Pengadaan PNS Kemenakertrans Tahun Anggaran 2010 bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
6. Informasi resmi yang terkait dengan seleksi CPNS Kemenakertrans tahun 2010 hanya dapat dilihat dalam situs internet Kemenakertrans. Diharapkan para pelamar untuk terus memantaunya.
7. Khusus Formulir Pendaftaran (form 2) harus dicetak dengan kualitas printer Laser B/W dan menggunakan kertas A4 80 gram.
8. Formulir Pendaftaran (form 2) tidak diperkenankan di foto copy.
9. Saat mencetak Formulir Pendaftaran (form 2) agar memperhatikan kelurusan kertas dan mengatur setting menu Print pada program apilkasi Adobe Acrobat Reader, sebagai berikut :
- pada perintah Page Scaling pilih : None
- beri tanda 5 pada perintah Auto-Rotate and Center dan Choose Paper Source by PDF page size
- pada menu Preview ukuran kertas harus menunjukkan 8,27 x 11,69 inch (ukuran A4).
Panitia tidak bertanggungjawab apabila hasil cetakan form 2 tidak dapat diproses oleh komputer akibat kesalahan pelamar.
10. Berkas lamaran yang tidak lengkap/tidak memenuhi persyaratan tidak akan diproses dan menjadi hak Panitia yang selanjutnya akan dimusnahkan.
11. Lokasi ujian tidak menunjukkan penempatan bagi pelamar yang lulus. Panitia berhak menempatkan CPNS sesuai dengan kebutuhan organisasi.

Demikian pengumuman ini disampaikan untuk diketahui dan dipatuhi.

Download :

Pengumuman Penerimaan CPNS Menakertrans 2010
Form Pendukung

PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL BADAN PUSAT STATISTIK 2010


BADAN PUSAT STATISTIK
PENGUMUMAN
NOMOR: 02310.345
SELEKSI PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL
BADAN PUSAT STATISTIK
TAHUN ANGGARAN 2010


Berdasarkan Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi
Birokrasi Nomor 281 Tahun 2010 tanggal 11 Oktober 2010 tentang Formasi Pegawai Negeri Sipil
Badan Pusat Statistik (BPS) Tahun Anggaran 2010, BPS membuka kesempatan bagi Warga
Negara Republik Indonesia yang berminat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)
di
lingkungan BPS dengan ketentuan sebagai berikut:
I. PERSYARATAN UMUM:
1. Warga Negara Republik Indonesia.
2. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
3. Memiliki integritas yang tinggi terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.
4. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang
telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan suatu tindak pidana
kejahatan.
5. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak
dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil/Anggota Tentara Nasional
Indonesia/Anggota Kepolisian Negara, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai
pegawai swasta.
6. Tidak berkedudukan sebagai Calon/Pegawai Negeri Sipil dan Calon/Anggota Tentara
Nasional Indonesia atau Calon/Anggota Kepolisian Negara.
7. Tidak menjadi anggota dan atau pengurus partai politik.
8. Berkelakuan baik yang dinyatakan dengan Surat Keterangan Kelakuan Baik dari
Kepolisian setempat.
9. Memenuhi persyaratan kualifikasi pendidikannnya (jenjang dan jurusan) yang sesuai
dengan lowongan formasi jabatan.
10. Sehat jasmani dan rohani serta tidak mengkonsumsi/menggunakan narkotika,
psikotropika, dan zat adiktif lainnya yang dinyatakan dengan Surat Keterangan oleh
Dokter Rumah Sakit Pemerintah.
2
II. PERSYARATAN KHUSUS
1. Pada tanggal 1 Desember 2010, berusia minimal 19 tahun dan maksimal:
• 25 tahun untuk lulusan SMA
• 30 tahun untuk lulusan D-III, dan
• 35 tahun untuk lulusan S1
2. Waktu melamar telah memiliki ijazah Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi
Swasta yang terakreditasi A atau B. Apabila dalam ijazah tersebut tidak disebutkan
akreditasi maka perlu dilampirkan surat keterangan dari perguruan tinggi bersangkutan
yang menyebutkan akreditasinya.
3. Untuk lulusan D-III dan S-1, batas minimal IPK: 2,50 dari skala 4,00 dan untuk lulusan
SMA/SMU Jurusan IPA batas minimal nilai rata-rata ijazah/STTB adalah 6,50 serta
memiliki sertifikat kursus komputer.
4. Bersedia ditempatkan di wilayah provinsi tempat mendaftar.
5. Sanggup mengganti biaya pelaksanaan penerimaan sebesar Rp. 25.000.000,- (dua puluh
lima juta) rupiah, apabila:
a. dinyatakan lulus ujian tahap akhir dan telah mendaftar ulang tetapi
mengundurkan diri dengan alasan apapun, atau
b. mengundurkan diri setelah bekerja di BPS, dengan masa kerja kurang dari 5
(lima) tahun.
III. KUALIFIKASI PENDIDIKAN YANG DIBUTUHKAN BERDASARKAN LOKASI
MENDAFTAR:
1. BPS Pusat :
(dapat dilihat pada lampiran 1)
2. BPS Provinsi:
(dapat dilihat pada lampiran 2)
IV. WAKTU, TEMPAT DAN CARA MELAMAR
1. Jadual Pelaksanaan Penerimaan CPNS Jalur Umum BPS Tahun 2010 dan Waktu
Penyampaian Lamaran
a. Jadual Pelaksanaan Penerimaan CPNS Jalur Umum BPS Tahun 2010
(dapat dilihat pada lampiran 3)
b. Waktu Penyampaian Lamaran:
Tanggal 21.d. 30 Oktober 2010 (Cap Pos)
3
2. Alamat Pengiriman Lamaran
a. Untuk pelamar di BPS Pusat, berkas lamaran disampaikan melalui Pos ditujukan
kepada Panitia Penerimaan CPNS BPS 2010. Pada sudut kiri atas amplop ditulis:
Berkas Pendaftaran CPNS BPS Tahun Anggaran 2010
Nama dan kode jabatan
Dengan alamat lengkap sebagai berikut :
Kepada Yth.
Panitia Penerimaan CPNS BPS 2010
u.p. Kepala Biro Kepegawaian Badan Pusat Statistik
Kotak Pos 1003 Jakarta 10710
b. Untuk pelamar di BPS Provinsi, berkas lamaran dapat disampaikan melalui pos
ke alamat BPS Provinsi masing-masing di Seluruh Indonesia, kecuali BPS
Provinsi DKI Jakarta (alamat terlampir pada lampiran 4). Tempat ujian sesuai
dengan alamat pengiriman berkas lamaran.
Bagi Pelamar yang menyampaikan lamaran ke BPS Provinsi ditujukan :
Kepada Yth.
Panitia Penerimaan CPNS BPS 2010
u.p. Kepala BPS Provinsi ...............................
Jln ...............................
di
...........................................
Pada sudut kiri atas amplop ditulis:
Berkas Pendaftaran CPNS BPS Tahun Anggaran 2010
Nama dan kode jabatan
dan untuk pelamar jabatan KSK dan Statistisi agar mencantumkan pula kode
pilihan penempatan
contoh
Berkas Pendaftaran CPNS BPS Tahun Anggaran 2010
Jabatan : KSK (16)
Kode Pilihan : 01
c. Khusus bagi pelamar di Provinsi Sumatera Utara, Kepulauan Riau, NTT, Papua
dan Papua Barat, selain ke BPS Provinsi, berkas lamaran dapat pula
disampaikan melalui pos ke alamat BPS kabupaten seperti tersebut di bawah ini
(Tempat ujian sesuai dengan alamat pengiriman berkas lamaran) :
4
No. Provinsi Alternatif Tempat
Pendaftaran
Alamat
1 2 3 4
1 Sumatera Utara BPS Kab. Nias Jln. Ampera No.3 Desa Mudik,
Gunung Sitoli 22813
Tlp. (0639) 323341
2 Kep. Riau BPS Kab. Natuna Jln. Pramuka No. 41 Batu Hitam
Ranai, Natuna 29783
Tlp. (0773) 31370
3 NTT BPS Kab. Ende Jln. Eltari Ende 86318
Tlp. (0381) 21335
4 Maluku BPS Kab. Kep. Aru Jln. Rabia Djala Dobo
Tlp. (0917) 21606
5
Papua BPS Kab. Jayawijaya Jln. Diponegoro No. 25, Wamena,
Papua 99511
Tlp. (0969)31253
6 Papua Barat BPS Kab. Sorong Jln. Basuki Rahmat km. 13,5,
Klasaman, Sorong
Telp. (0951) 321072
Bagi Pelamar yang menyampaikan lamaran ke BPS Kabupaten/Kota tersebut di
atas, lamaran ditujukan :
Kepada Yth.
Panitia Penerimaan CPNS BPS 2010
u.p. Kepala BPS Kabupaten ...............................
Jln ...............................
di
...........................................
3. Cara Melamar:
a. Setiap pelamar harus menyebutkan dalam surat lamarannya formasi jabatan
yang dilamar, misalnya : “Koordinator Statistik Kecamatan (KSK)”, “Sekretaris”,
“Auditor” dll beserta kode jabatan pada lampiran 1 dan 2 kolom (6).
b. Untuk jabatan KSK dan Statistisi, diminta mencatumkan kode pilihan lokasi
penempatan kerja sebagaimana tercantum pada lampiran 1 dan 2 kolom (7).
c. Surat lamaran ditulis tangan dengan tinta hitam dan ditandatangani sendiri oleh
pelamar dengan dibubuhi meterai Rp 6.000,- (enam ribu rupiah) yang ditujukan
kepada:
Yth. Kepala Badan Pusat Statistik
Dengan dilampiri:
• Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku;
• Fotocopy Akte Kelahiran/Surat Kenal Lahir;
5
• Fotocopy Ijazah dan transkrip yang telah dilegalisir oleh pejabat yang
berwenang;
• Pasfoto terbaru berwarna dengan latar belakang biru ukuran 3 X 4 sebanyak 4
lembar;
• Kartu Tanda Pencari Kerja dari Dinas Tenaga Kerja (Kartu Kuning);
• Formullir Pendaftaran yang telah diisi sebagaimana terlampir pada lampiran 5
• Surat Pernyataan bermaterai Rp. 6.000,- (enam ribu rupiah) sebagaimana
contoh pada lampiran 6
V. TAHAP PENYARINGAN
1. Saringan Tahap I
Saringan Tahap I berupa seleksi administrasi. Pengumuman hasil seleksi administrasi
serta waktu dan tempat pengambilan Kartu Tanda Peserta Ujian (KTPU) akan
diumumkan pada tanggal 12 November 2010 :
􀂾 Bagi pelamar di BPS Pusat dapat dilihat melalui Website BPS;
􀂾 Bagi pelamar di BPS Provinsi dapat dilihat di BPS tempat melamar.
2. Saringan Tahap II
Saringan Tahap II berupa ujian tulis akan dilaksanakan pada hari Minggu Tanggal
21 November 2010 di BPS Pusat/(masing-masing tempat melamar) dan/atau tempat
lainnya yang disediakan panitia, dengan jadwal sebagai berikut:
No. Materi Waktu Setempat
1. Tes Kompetensi Dasar (Pengetahuan Umum, Bakat
Skolastik dan Skala Kematangan) 08.00 –10.00
2. Test Kompetensi Bidang 10.00 – 11.30
Peserta harus membawa perlengkapan ujian sebagai berikut:
􀂾 Pensil 2B (asli)
􀂾 Penghapus karet
􀂾 Peruncing pensil (rautan)
􀂾 Papan Alas Menulis
􀂾 Ballpoint tinta hitam.
Hasil seleksi tahap II akan diumumkan pada tanggal 30 November 2010
3. Saringan Tahap III
Wawancara akan dilaksanakan pada tanggal 8 s.d 10 Desember 2010
4. Pengumuman
Hasil seleksi CPNS akan diiumumkan pada tanggal 21 Desember 2010 melalui
website BPS ( www.bps.go.id.)
VI. LAIN-LAIN
1. Panitia penerimaan berhak menyatakan seseorang calon tidak diterima/
dibatalkan/digugurkan menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil walaupun telah lulus ujian,
6
apabila di kemudian hari diketahui bahwa, terdapat persyaratan pada klausul di atas
yang ternyata tidak benar/tidak sah.
2. Diingatkan bagi yang tidak memenuhi persyaratan untuk tidak melamar.
3. Bagi yang telah mengirim lamaran sebelum pengumuman ini dibuat, dinyatakan tidak
berlaku (agar mengirimkan lamaran ulang).
4. Proses seleksi ini tidak dipungut biaya. Biaya yang dikeluarkan oleh peserta ujian dalam
rangka mendaftarkan diri dan mengikuti ujian saringan menjadi tanggungan pelamar.
5. Berkas pelamar yang masuk ke panitia menjadi arsip Badan Pusat Statistik dan tidak
dapat diminta kembali oleh pelamar.
6. Selain surat lamaran, dalam hubungan dengan penerimaan CPNS, pihak peserta tidak
diperkenankan melakukan surat menyurat.
7. Keputusan panitia penerimaan CPSN BPS Tahun Anggaran 2010 bersifat mutlak dan
tidak dapat diganggugugat
8. Apabila dalam penyelenggaraan seleksi ditemukan pelanggaran, agar segera
dilaporkan, disertai dengan bukti-bukti otentik yang dapat dipertanggungjawabkan baik
secara yuridis maupun administratif kepada Badan Pusat Statistik melalui telepon (021)
3810291-4, 3842508, 3841195 Ext. 2310-2 (Fax) (021) 3863817, atau melalui telepon
BPS di seluruh Indonesia.
9. Formasi KSK diprioritaskan untuk pelamar laki-laki.
10. Panitia tidak memungut biaya apa pun selama proses penerimaan pegawai ini
berlangsung. Bagi yang pelamar yang lulus namun terbukti memberikan sesuatu kepada
Panitia CPNS BPS Tahun 2010, dalam rangka mempermudah kelulusan, akan diberikan
sanksi berupa pembatalan kelulusan tersebut.



info lengkap klik disini:

http://www.bps.go.id/download_file/cpns2010/Pengumuman.pdf


Lampiran 1 (Formasi CPNS BPS Pusat dan DKI Jakarta)
http://www.bps.go.id/download_file/cpns2010/00%20Pusat.pdf

Lampiran 2 (Formasi CPNS BPS Provinsi)
http://www.bps.go.id/aboutus.php?cpns=1

* BPS Provinsi NAD
* BPS Provinsi Sumatera Utara
* BPS Provinsi Sumatera Barat
* BPS Provinsi Riau
* BPS Provinsi Jambi
* BPS Provinsi Sumatera Selatan
* BPS Provinsi Bengkulu
* BPS Provinsi Lampung
* BPS Provinsi Bangka Belitung
* BPS Provinsi Kepulauan Riau
* BPS Provinsi Jawa Barat
* BPS Provinsi Jawa Tengah
* BPS Provinsi DI Yogyakarta
* BPS Provinsi Jawa Timur
* BPS Provinsi Banten
* BPS Provinsi Bali
* BPS Provinsi NTB
* BPS Provinsi NTT
* BPS Provinsi Kalimantan Barat
* BPS Provinsi Kalimantan Tengah
* BPS Provinsi Kalimantan Selatan
* BPS Provinsi Kalimantan Timur
* BPS Provinsi Sulawesi Utara
* BPS Provinsi Sulawesi Tengah
* BPS Provinsi Sulawesi Selatan
* BPS Provinsi Sulawesi Tenggara
* BPS Provinsi Gorontalo
* BPS Provinsi Sulawesi Barat
* BPS Provinsi Maluku
* BPS Provinsi Maluku Utara
* BPS Provinsi Papua
* BPS Provinsi Papua Barat

Lampiran 3 (Jadwal)
http://www.bps.go.id/download_file/cpns2010/Jadwal.pdf

Lampiran 4 (Alamat Melamar)
http://www.bps.go.id/download_file/cpns2010/Alamat.pdf

Lampiran 5 (Formulir Pendaftaran)
http://www.bps.go.id/download_file/cpns2010/Formdaftar.pdf

Lampiran 6 (Surat Pernyataan)
http://www.bps.go.id/download_file/cpns2010/Super.pdf

Tuesday, October 19, 2010

PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL TNI ANGKATAN UDARA

TENTARA NASIONAL INDONESIA
MARKAS BESAR ANGKATAN UDARA
PENGUMUMAN
Nomor : Peng/5/X/2010
tentang
PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL
TNI ANGKATAN UDARA
TA 2010

1. Dalam rangka mengisi formasi Pegawai Negeri Sipil TA. 2010, sesuai Pengumuman Kementerian Pertahanan Republik Indonesia Nomor PENG/04/X/2010 tanggal 11 Oktober 2010 tentang Pengadaan PNS Kemhan TA. 2010, Markas Besar Angkatan Udara membuka kesempatan bagi Warga Negara Indonesia untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil TNI Angkatan Udara.

2. PERSYARATAN:
* Warga Negara Indonesia pria dan wanita beragama.
* Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan surat keterangan dari Polres/ Polresta/Poltabes setempat.
* Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS/anggota TNI/anggota Kepolisian Negara atau sebagai pegawai swasta dengan surat pernyataan.
* Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil dan tidak sedang terikat perjanjian/kontrak kerja dengan instansi lain dengan surat pernyataan.
* Tidak bersuami/beristrikan seorang yang berkewarganegaraan asing atau tanpa kewarganegaraan dengan mencantumkan surat keterangan dari Kelurahan/Kepala Desa.
* Usia maksimum 35 tahun pada tanggal 1 Desember 2010.
* Berijazah D-3, dan S-1 dengan IPK minimum 2,5.
* Tidak sedang melamar menjadi CPNS
* Tidak pernah dihukum penjara.
* Mempunyai pendidikan, kecakapan, keahlian dan keterampilan yang diperlukan.
* Keadaan Jasmani dan Rohani Pelamar :
1) Tinggi badan, minimal untuk Pria 160 Cm, Wanita 155 Cm.
2) Berat badan mendekati ideal (tidak overweight dan tidak underweight).
3) Tidak tuna rungu dan tuna wicara.
4) Memiliki dua mata (tidak juling, tidak buta warna, tidak palsu).
5) Tidak bertato dan bertindik (kecuali karena adat).
6) Tidak mengkonsumsi/menggunakan narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya.
* Terdaftar sebagai penari kerja di Kemenakertrans/Kanwil Kemenakertrans setempat.
* Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah NKRI.
* Bagi pelamar wanita tidak dalam keadaan hamil (sanggup menunda kehamilan) sampai dengan diangkat menjadi PNS.
* Bersedia melaksanakan ikatan kerja minimal 5 tahun terhitung sejak peng-angkatannya sebagai Calon PNS, dan bersedia mengembalikan biaya pengadaan sebesar 10 kali gaji pokok terakhir yang diterima, apabila mengundurkan diri sebelum masa ikatan kerja selesai.

3. WAKTU PENDAFTARAN:
Waktu pendaftaran pada tanggal 18 Oktober 2010 sampai dengan 21 Oktober 2010 pada jam kerja.

4. TEMPAT PENDAFTARAN:
* Jakarta I (Denma Mabesau) meliputi satuan kerja di lingkungan Mabesau yang berada di Jakarta, Lanud Atang Sendjaja dan Lanud Astra Ksetra.
* Jakarta II (Makodikau) meliputi satuan kerja Makodikau, Makoopsau I Makohanudnas dan jajarannya yang berada di wilayah Jakarta dan sekitarnya, Lanud Halim Perdanakusuma, Sekkau, Wingdikum dan satuan jajarannya, Wingdiktekkal dan satuan jajarannya dan Jajaran Paskhas yang berada di Jakarta.
* Medan (Lanud Medan) meliputi satuan kerja Lanud Medan, Lanud Maimun Saleh, Lanud Sultan Iskandar Muda dan Kosekhanudnas III serta satuan jajarannya.
* Pakanbaru (Lanud Pekanbaru) meliputi satuan kerja Lanud Pekanbaru, Lanud Palembang, Lanud Tanjung Pandan, Lanud Padang dan Lanud Tanjung Pinang.
* Kalimantan Barat (Lanud Supadio) meliputi satuan kerja Lanud Supadio, Lanud Singkawang II, Lanud Syamsudin Noor, Lanud Balikpapan dan Lanud Iskandar, Lanud Ranai dan Lanud Tarakan.
* Bandung (Lanud Sulaiman) meliputi satuan kerja Seskoau, Dislitbangau, Rumkitmun, Koharmatau dan satuan jajarannya di Bandung, Korpaskhas serta satuan jajarannya di Bandung, Lanud Husein Sastranegara, Lanud Sulaiman, Lanud Suryadarma dan Lanud Sukani.
* Surakarta (Lanud Adi Soemarmo) meliputi satuan kerja Akademi Angkatan Udara, Lanud Adi Sutjipto, Lanud Adi Soemarmo, Depohar 50 Smo dan Lanud Wirasaba.
* Surabaya (Lanud Surabaya) meliputi satuan kerja Pusdiklathanudnas, Lanud Iswahjudi, Lanud Abdurachman Saleh, Lanud Surabaya, Lanud Ngurah Rai, Lanud Rembiga, Lanud El Tari, Depohar 20 Iwj, Depohar 30 Abd, Depohar 60 Iwj dan Satuan Paskhas di Jawa Timur.
* Makassar (Lanud Hasanuddin) meliputi satuan kerja Makoopsau II, Lanud Hasanuddin, Lanud Wolter Monginsidi, Lanud Sam Ratulangi dan Kosekhanudnas II serta satuan jajarannya.
* Jayapura (Lanud Jayapura) meliputi satuan kerja Makosekhanudnas IV dan satuan jajarannya, Lanud Manuhua, Lanud Jayapura, Lanud Merauke, Lanud Timika, lanud Pattimura, Lanud Morotai dan Lanud Dumatubun.

5. TAHAPAN SELEKSI
Seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Kemhan dilakukan dengan tahapan-tahapan sebagai berikut :
* Seleksi Administratif meliputi kelengkapan berkas persyaratan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
* Seleksi Kesehatan.
* Seleksi kesamaptaan jasmani (2400 m).
* Wawancara
1) Test Mental Idiologi.
2) Test Kompetensi.

* Test tertulis sesuai tingkatannya, meliputi :
1) Test Pengetahuan Umum (TPU)
a) Ideologi : Pancasila dan UUD 45.
b) Politik : Sistem Administrasi Negara RI (Sanri), Sistem Pemerintahan Pusat dan Daerah, Politik Luar Negeri.
c) Ekonomi : Sistem ekonomi Indonesia, Kebijakan Fiskal dan moneter, Perdagangan Bebas.
d) Sosial budaya : Sejarah kebangsaaan dan masyarakat madani.
e) Pertahanan dan Keamanan : Wawasan Nusantara, Sistem Pertahanan dan keamanan.
f) Hukum : Norma hukum, azas hukum, supremasi hukum.
g) Pengetahuan komputer : teknologi informasi, internet
h) Matematika dasar
i) Sejarah nasional dan sejarah dunia
j) Statistik
k) Bahasa Indonesia
l) Pengetahuan populer.

2) Test Bahasa Inggris.
3) Test Bakat Skolastik (TBS), mengukur potensi seseorang dengan belajar berdasarkan penalaran verbal, penalaran kuantitatif dan penalaran analisis.

6. KUALIFIKASI PENDIDIKAN YANG DIPERLUKAN DAN KEBUTUHAN FORMASI :
Kualifikasi pendidikan dan jumlah formasi yang dibutuhkan adalah sebagai berikut :

* Jakarta I (Denma Mabesau) :
Dokter Umum – S-1 Kedokteran Umum / Profesi
Dokter Gigi – S-1 Kedokteran Gigi / Profesi
Penyuluh Bintal – S-1 Theologi Khatolik / Protestan dan Hindu
Pranata Laporan Keuangan – S-1 Ekonomi Manajemen / Akuntansi
Analis Bantuan Hukum – S-1 Ilmu Hukum / Hukum Perdata
Pranata Humas – S-1 Publisistik / Publisistik Jurnalistik
Pranata Komputer – S-1 Komputer Informatika/Komputer Komp. Tek. Informatika
Stastisi – S-1 Statistik
Bidan – D-3 Bidan
Perawat – D-3 Perawat
Perawat Gigi – D-3 Perawat Gigi
Sanitarian – D-3 Kesehatan Lingkungan
Pranata Laboratorium Kesehatan – D-3 Analis Kesehatan
Perekam Medis – D-3 Rekam Medik
Radiografer – D-3 Radiologi / Radiografer
Fisioterapi – D-3 Fisioterapi
Refraksionis Optision – D-3 Kesehatan Refraksi Optisi
Asisten Apoteker – D-3 Farmasi
Verifikator Keuangan – D-3 Ekonomi Keuangan / Akuntansi
Analis Kepegawaian – D-3 Administrasi Negara
Pranata Komputer – D-3 Komputer / Komp. Tek. Informatika / Manajemen Informatika
Teknisi Listrik – D-3 Teknik Listrik
Pengadministrasi Umum – D-3 Administrasi Perkantoran

* Jakarta II (Mako Kodikau) :
Instruktur – S-1 Pendidikan Olahraga
Pranata Laporan Keuangan – S-1 Ekonomi Manajemen / Akuntansi
Analis Kepegawaian – S-1 Administrasi Negara
Analis Bantuan Hukum – S-1 Ilmu Hukum / Hukum Perdata
Pranata Humas – S-1 Publisistik / Publisistik Jurnalistik
Perawat – D-3 Perawat
Nutrisionis – D-3 Nutrisi / Gizi
Verifikator Keuangan – D-3 Ekonomi Keuangan / Akuntansi
Analis Kepegawaian – D-3 Administrasi Negara
Pranata Komputer – D-3 Komputer / Komp. Tek. Informatika / Manajemen Informatika
Teknisi Listrik – D-3 Teknik Listrik
Pengadministrasi Umum – D-3 Administrasi Perkantoran
Teknisi Mesin – D-3 Teknik Mesin Mekanik

* Medan (Lanud Mdn) :
Dokter Umum – S-1 Kedokteran Umum / Profesi
Bidan – D-3 Bidan
Perawat – D-3 Perawat
Perawat Gigi – D-3 Perawat Gigi
Sanitarian – D-3 Kesehatan Lingkungan
Pranata Laboratorium Kesehatan – D-3 Analis Kesehatan
Nutrisionis – D-3 Nutrisi / Gizi
Analis Kepegawaian – D-3 Administrasi Negara
Pranata Komputer – D-3 Komputer / Komp. Tek. Informatika / Manajemen Informatika

* Pekanbaru (Lanud Pbr) :
Bidan – D-3 Bidan
Perawat – D-3 Perawat
Perawat Gigi – D-3 Perawat Gigi
Sanitarian – D-3 Kesehatan Lingkungan
Pranata Laboratorium Kesehatan – D-3 Analis Kesehatan
Pranata Komputer – D-3 Komputer / Komp. Tek. Informatika / Manajemen Informatika

* Kalimantan (Lanud Spo) :
Bidan – D-3 Bidan
Perawat – D-3 Perawat
Perawat Gigi – D-3 Perawat Gigi
Pranata Laboratorium Kesehatan – D-3 Analis Kesehatan
Pranata Komputer – D-3 Komputer / Komp. Tek. Informatika / Manajemen Informatika

* Bandung (Lanud Slm) :
Dokter Umum – S-1 Kedokteran Umum / Profesi
Dokter Gigi – S-1 Kedokteran Gigi / Profesi
Pengawas Farmasi dan Makanan – S-1 Farmasi
Bidan – D-3 Bidan
Perawat – D-3 Perawat
Perawat Gigi – D-3 Perawat Gigi
Pranata Laboratorium Kesehatan – D-3 Analis Kesehatan
Perekam Medis – D-3 Rekam Medik
Radiografer – D-3 Radiologi / Radiografer
Fisioterapi – D-3 Fisioterapi
Asisten Apoteker – D-3 Farmasi
Nutrisionis – D-3 Nutrisi / Gizi
Analis Kepegawaian – D-3 Administrasi Negara
Pranata Komputer – D-3 Komputer / Komp. Tek. Informatika / Manajemen Informatika
Teknisi Listrik – D-3 Teknik Listrik
Pengadministrasi Umum – D-3 Administrasi Perkantoran
Teknisi Mesin – D-3 Teknik Mesin Mekanik

* Solo (Lanud Smo) :
Dokter Umum – S-1 Kedokteran Umum / Profesi
Pengawas Farmasi dan Makanan – S-1 Farmasi
Bidan – D-3 Bidan
Perawat – D-3 Perawat
Perawat Gigi – D-3 Perawat Gigi
Pranata Laboratorium Kesehatan – D-3 Analis Kesehatan
Perekam Medis – D-3 Rekam Medik
Fisioterapi – D-3 Fisioterapi
Nutrisionis – D-3 Nutrisi / Gizi
Pranata Komputer – D-3 Komputer / Komp. Tek. Informatika / Manajemen Informatika
Teknisi Mesin – D-3 Teknik Mesin Mekanik

* Surabaya (Lanud Sby) :
Dokter Gigi – S-1 Kedokteran Gigi / Profesi
Perekayasa Teknik Mesin – S-1 Teknik Mesin
Bidan – D-3 Bidan
Perawat – D-3 Perawat
Perawat Gigi – D-3 Perawat Gigi
Sanitarian – D-3 Kesehatan Lingkungan
Pranata Laboratorium Kesehatan – D-3 Analis Kesehatan
Perekam Medis – D-3 Rekam Medik
Radiografer – D-3 Radiologi / Radiografer
Fisioterapi – D-3 Fisioterapi
Refraksionis Optision – D-3 Kesehatan Refraksi Optisi
Asisten Apoteker – D-3 Farmasi
Nutrisionis – D-3 Nutrisi / Gizi
Verifikator Keuangan – D-3 Ekonomi Keuangan / Akuntansi
Pranata Komputer – D-3 Komputer / Komp. Tek. Informatika / Manajemen Informatika
Teknisi Mesin – D-3 Teknik Mesin Mekanik

* Makassar (Lanud Hnd) :
Analis Kepegawaian – S-1 Administrasi Negara
Bidan – D-3 Bidan
Perawat – D-3 Perawat
Pranata Laboratorium Kesehatan – D-3 Analis Kesehatan
Perekam Medis – D-3 Rekam Medik
Verifikator Keuangan – D-3 Ekonomi Keuangan / Akuntansi
Pranata Komputer – D-3 Komputer / Komp. Tek. Informatika / Manajemen Informatika
Pengadministrasi Umum – D-3 Administrasi Perkantoran

* Jayapura (Lanud Jap) :
Bidan – D-3 Bidan
Perawat – D-3 Perawat
Perawat Gigi – D-3 Perawat Gigi
Pranata Komputer – D-3 Komputer / Komp. Tek. Informatika / Manajemen Informatika

7. CARA PENDAFTARAN:
Para pelamar datang sendiri ke tempat pendaftaran/tidak dapat diwakilkan, dengan membawa kelengkapan administrasi sebagai berikut:
1) Pada saat melamar membawa Ijazah asli bukan surat keterangan lulus.
2) Pas foto terbaru berwarna dengan latar belakang merah tanpa kacamata dan tutup kepala dan menggunakan pakaian berkerah ukuran 3 x 4 cm sebanyak 6 lembar dan 4 x 6 cm sebanyak 6 lembar.
3) Foto kopi Kartu Tanda Penduduk.
4) Kartu Tanda Pencari Kerja (Kartu Kuning/AK-1) dari Kementerian Tenaga Kerja setempat.
5) Surat Keterangan Terbaru:
a) Sehat jasmani dan rohani dari Dokter Pemerintah/Puskesmas (Nomor Sket harus tercantum), dengan melampirkan hasil laboratorium Foto Thorax, urine rutin, kimia darah, darah rutin, fungsi hati dan fungsi ginjal.
b) Tidak mengkonsumsi/menggunakan narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya dari Dokter Rumah Sakit Umum Setempat (RSUD) dan Nomor Sket harus tercantum.
c) Tidak dalam keadaan hamil bagi pelamar wanita dari Dokter Pemerintah/Puskesmas (Nomor Sket harus tercantum).

6) Surat lamaran ditulis tangan sendiri menggunakan tinta hitam huruf kapital/balok dan ditanda tangani bermaterai Rp. 6.000,- serta ditempel foto berwarna terbaru ukuran 3×4 cm tanpa tutup kepala dan kacamata, ditujukan :
Kepada
Yth. Kepala Staf Angkatan Udara
U.p. Kadisminpers
Mabesau – Cilangkap
di
Jakarta – 13870

7) Foto kopi akte kelahiran/kenal lahir.
8) Foto kopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (dari Polres/ Polresta/ Poltabes setempat).
9) Foto kopi sertifikat keterampilan yang dimiliki.
10) Foto kopi ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir dengan ketentuan :
a) S-1 dan D-3 dilegalisir oleh Rektor/Dekan/Pembantu Dekan Bidang Akademik/Ketua/Pembantu Ketua Bidang Akademik/ Direktur/ Pembantu Direktur Bidang Akademik.
b) SLTA/sederajat, SLTP/sederajat dan SD dilegalisir oleh Kepala Sekolah yang bersangkutan (apabila nama sekolah berubah harus melampirkan surat keterangan perubahan tersebut).

11) Nomor urut 2 sampai dengan nomor urut 10 masing-masing rangkap 3, dimasukan ke dalam map folio dengan ketentuan warna :
a) Dokter Umum/Dokter Gigi/Psikolog : Merah
b) S-1 Tenaga Kesehatan : Kuning
c) D-3 Tenaga Kesehatan : Hijau
d) S-1 Tenaga Teknis : Biru
e) D-3 Tenaga Teknis : Merah Muda

Para pelamar yang memenuhi persyaratan akan mengikuti seleksi akademis meliputi : Tes Pengetahuan Umum (TPU), Tes Bahasa Inggris dan Tes Bakat Skolastik (TBS) tanggal 10 November 2010 sampai dengan 11 November 2010.

8. LAIN-LAIN:
a. Dalam kegiatan pengadaan para pelamar tidak dipungut biaya apapun.
b. Sponsorship tidak mempengaruhi proses penerimaan dalam pengadaan CPNS TNI AU.
c. Lamaran yang sudah diterima tidak dapat diminta kembali.

Pengumuman lengkap lihat disini:

Tni au

PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL (CPNS) POLRI 2010

KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA
MARKAS BESAR
PENGUMUMAN
Nomor : Peng/ 4 /X/2010/Panpus
tentang
PENGADAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL (CPNS) POLRI
SUMBER PELAMAR UMUM T.A. 2010 SERTA RENCANA PENEMPATANNYA

1. Rujukan :
a. Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 238 Tahun 2010 tanggal 20 September 2010 tentang Formasi Pegawai Negeri Sipil Kepolisian Negara Republik Indonesia Tahun Anggaran 2010.
b. Keputusan Kapolri Nomor : Kep/435/X/2010 tanggal 13 Oktober 2010 tentang Pengadaan Pegawai Negeri Sipil Polri Sumber Pelamar Umum T.A. 2010 serta Rencana Penempatannya.

2. Sehubungan dengan rujukan tersebut di atas, Kepolisian Negara Republik Indonesia memberi kesempatan kepada Warga Negara Republik Indonesia yang memenuhi persyaratan untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Polri Sumber Pelamar Umum T.A. 2010, dengan penjelasan sebagai berikut :
a. FORMASI JABATAN DAN KUALIFIKASI PENDIDIKAN YANG DIBUTUHKAN, SEBAGAIMANA TERLAMPIR DALAM PENGUMUMAN INI.
b. PERSYARATAN UMUM.
1) Warga Negara Indonesia (WNI).
2) Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
3) Berusia serendah-rendahnya 18 (delapan belas) tahun atau setinggi-tingginya 35 (tiga puluh lima) tahun, pada tanggal 1 Desember 2010.
4) Usia sampai dengan 40 (empat puluh) tahun bagi peserta yang memiliki masa pengabdian selama 5 (lima) tahun berturut-turut pada Instansi Pemerintah pada tanggal 17 April 2002, dengan melampirkan Keputusan/Surat Keputusan yang mencantumkan nilai nominal/honor yang diterima setiap bulannya yang disahkan oleh Pejabat Eselon II (minimal berpangkat Kombes Pol).
5) Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap, karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan.
6) Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri/Pegawai Swasta.
7) Tidak berkedudukan sebagai Pegawai Negeri/Calon Pegawai Negeri.
8) Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh Pemerintah.
9) Tidak menjadi pengurus dan atau anggota partai politik.
10) Mempunyai pendidikan, kecakapan, keahlian dan keterampilan yang diperlukan di lingkungan Polri.
11) Berkelakuan baik.
12) Sehat jasmani dan rohani.
13) Terdaftar sebagai pencari kerja di Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Depnakertrans) dengan melampirkan Kartu Tanda Pencari Kerja.

c. PERSYARATAN KHUSUS.
1) Bagi calon yang berasal dari Perguruan Tinggi Negeri/Swasta harus sudah lulus Ujian Negara (dengan melampirkan tanda lulus/ijazah yang dilegalisasir), dengan nilai rata-rata IPK minimal :
a) S2 atau S1 Profesi : 2,30 (dua koma tiga nol).
b) S1 atau D-IV : 2,50 (dua koma lima nol).
c) D-IIII : 2,75 (dua koma tujuh lima).

2) Bagi calon pelamar formasi golongan II/a dengan jabatan Operator Kapal Motor atau Operator Radio Komunikasi yang akan ditempatkan di perbatasan dengan negara tetangga baik laut maupun darat, berasal dari penduduk lokal kabupaten/kota yang telah berdomisili minimal 5 (lima) tahun yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) setempat, Kartu Keluarga (KK) atau ijazah SLTA/Sederajat.
3) Bagi calon yang akan melamar formasi golongan II/a dengan jabatan Pengadministrasi Umum yang akan menjadi personel Satuan Korp Musik Polri harus :
a) memiliki ijazah dari Sekolah Musik (SMK Musik).
b) tinggi badan minimal 160 (seratus enam puluh) Cm dengan berat badan ideal.

d. PENDAFTARAN.
1) Berkas lamaran dikirimkan melalui pos/jasa pengiriman lainnya, dengan alamat pada sampul/amplop surat:
PANITIA PENGADAAN CPNS POLRI T.A. 2010
Gedung TNCC Lantai 10,
Jl. Trunojoyo 3, Kebayoran Baru,
Jakarta Selatan (Kode Pos : 12110)

2) Pada sudut kiri bawah sampul/amplop surat ditulis :
a) Nama Pelamar [+ keterangan Pria/P atau Wanita/W].
b) Kualifikasi Pendidikan (S2, S1 Profesi, S1, D-III atau SMU/SMK).
c) Jabatan yang dilamar.
d) Unit Kerja Penempatan.
e) Asal Provinsi Pelamar.

3) Pengiriman berkas lamaran mulai tanggal 19 Oktober 2010 s.d. tanggal 28 Oktober 2010 (Stempel Pos/jasa pengiriman lainnya pada sampul / amplop surat lamaran), dan berkas lamaran telah diterima oleh Panitia Pengadaan CPNS Polri T.A. 2010 paling lambat tanggal 1 November 2010 pukul 15.00 WIB.

e. PERSYARATAN ADMINISTRASI PELAMARAN.
Berkas persyaratan administrasi pelamaran CPNS Polri Sumber Pelamar Umum T.A. 2010 yang dikirimkan melalui pos/jasa pengiriman lainnya, terdiri dari :
1) Surat lamaran (ditulis tangan dengan huruf kapital/balok dan tinta hitam) bermaterai Rp 6.000,-, dengan menyebutkan Nama Jabatan dan Tempat/Unit kerja yang dilamar, bagi pelamar CPNS Polri golongan/ruang :
a) III/b, III/a, II/c atau II/a untuk jabatan Pengadministrasi Umum, lamaran ditujukan Kepada
Yth. KAPOLRI
u.p. Asisten Sumber Daya Manusia
b) II/a untuk jabatan Operator Kapal Motor atau Operator Radio Komunikasi, lamaran ditujukan kepada
Yth. KAPOLRI
u.p. Kapolda Sumut/NTT/Kalbar/Kaltim/Sulut/Maluku/Papua/Kepri

2) Pasfoto hitam putih (tidak memakai tutup kepala, kacamata, jaket, rompi, kaos oblong, bando), ukuran 2 X 3 Cm sebanyak 2 (dua) lembar, 3 X 4 Cm sebanyak 2 (dua) lembar dan ditulis nama dibelakangnya.
3) Fotokopi STTB/Ijazah pendidikan umum terakhir beserta Daftar/Transkrip Nilai yang digunakan untuk melamar, serta disahkan/dilegalisir oleh pejabat yang berwenang tahun 2010 :
a) Ijazah Pendidikan Tinggi yang dikeluarkan oleh :
(1) Universitas atau Institut, dilegalisir oleh Rektor atau Pembantu Rektor I Bidang Akademik/Wakil Rektor I Bidang Akademik atau Dekan atau Pembantu Dekan I Bidang Akademik/Wakil Dekan I Bidang Akademik.
(2) Sekolah Tinggi, dilegalisir oleh Ketua atau Pembantu Ketua I Bidang Akademik/Wakil Ketua I Bidang Akademik.
(3) Politeknik atau Akademi, dilegalisir oleh Direktur atau Pembantu Direktur I Bidang Akademik/Wakil Direktur I Bidang Akademik.

b) STTB SLTA/Sederajat oleh Kepala Sekolah.
c) Ijazah Paket C oleh Kepala Dinas Pendidikan Tingkat setempat (minimal Tingkat Kabupaten/Kota).

4) Fotokopi Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani dari institusi kesehatan resmi milik pemerintah (Puskesmas atau Rumah Sakit, ditanda tangani, diregister, nama jelas dokter yang memeriksa dan distempel), yang disahkan/dilegalisir oleh pejabat yang berwenang tahun 2010.
5) Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Polres setempat, yang terbaru dan disahkan/dilegalisir oleh pejabat yang berwenang tahun 2010.
6) Fotokopi Akte Kelahiran/Surat Kenal Lahir, yang disahkan/dilegalisir oleh pejabat yang berwenang tahun 2010.
7) Fotokopi Kartu Tanda Pencari Kerja (Kartu kuning) dari Depnakertrans, yang disahkan/dilegalisir oleh pejabat yang berwenang tahun 2010.
8) Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK), yang disahkan/dilegalisir oleh pejabat yang berwenang (Camat / Lurah / Kepala Desa) tahun 2010.
9) Fotokopi sertifikat keahlian/keterampilan/kursus yang dimiliki dan disahkan / dilegalisir oleh pejabat yang berwenang tahun 2010.
10) Semua persyaratan administrasi 1) s.d. 9) tersebut di atas, masing-masing dibuat 1 (satu) buah, dimasukkan ke dalam stopmap folio dan diberi Nama, Kualifikasi Pendidikan, Jurusan serta Kode Pendidikan, dengan ketentuan stopmap folio warna :
a) Hijau : untuk pelamar berijazah S2 atau S1 Profesi.
b) Kuning : untuk pelamar berijazah S1 atau D-IV.
c) Biru : untuk pelamar berijazah D-III.
d) Merah : untuk pelamar berijazah SMU/SMK.

11) Asli persyaratan administrasi 1) s.d. 9) tersebut di atas, diserahkan kepada Panitia, setelah pelamar dinyatakan lulus seleksi pengadaan CPNS Polri Sumber Pelamar Umum T.A. 2010.

f. SELEKSI.
1) Tahapan Seleksi :
a) Pemeriksaan kelengkapan persyaratan administrasi tahap awal.
b) Tes Kompetensi Dasar (TKD)/Ujian Tertulis, meliputi :
(1) Tes Pengetahuan Umum (TPU).
(2) Tes Bakat Skolastik (TBS).
(3) Tes Skala Kematangan (TSK).

c) Tes Kompetensi Bidang (TKB)/Uji Kompetensi Bidang secara aplikatif sesuai kualifikasi pendidikan yang dilamar.
d) Pemeriksaan Kesehatan (Rikkes) yang dilaksanakan pada institusi kesehatan resmi pemerintah di luar Polri yang ditunjuk.
e) Pemeriksaan keabsahan asli ijazah/STTB SD, SLTP/Sederajat s.d. pendidikan umum terakhir, sesuai kualifikasi pendidikan yang digunakan untuk melamar.
f) Pemeriksaan kelengkapan persyaratan administrasi tahap akhir.

2) Hasil setiap tahapan seleksi akan diberitahukan/diumumkan melalui :
a) Internet dengan Website : www.polri.go.id
b) Dapat dilihat di Biro Personel Polda setempat melalui Surat Telegram Kapolri yang ditujukan kepada para Kapolda se-Indonesia.

3) Pelamar yang dinyatakan lulus/memenuhi persyaratan administrasi, mendapat Nomor Peserta Seleksi Pengadaan CPNS Polri T.A. 2010 sumber pelamar umum untuk mengikuti tes/seleksi tahap selanjutnya, yang dapat diambil pada tempat dan waktu yang telah ditentukan dalam pengumuman.
4) Pelamar yang dinyatakan memenuhi syarat/lulus dalam tahap seleksi TKB/Uji Kompetensi Bidang, harus :
a) Melakukan pemeriksaan kesehatan yang dilaksanakan pada institusi kesehatan resmi pemerintah di luar Polri yang ditunjuk meliputi: Rontgen paru-paru, Lab. darah lengkap, rekam jantung, tidak buta warna, tidak dalam keadaan hamil (bagi wanita), tidak memiliki kelainan/cacat fisik yang dapat mengganggu pekerjaannya dan Surat Keterangan Bebas Narkoba.
b) Menyerahkan asli ijazah/STTB SD, SLTP/Sederajat s.d. pendidikan umum terakhir, sesuai kualifikasi pendidikan yang digunakan untuk melamar, pada tempat dan waktu yang telah ditentukan dalam pengumuman.

5) Pelamar yang dinyatakan memenuhi syarat/lulus dalam seluruh tahapan seleksi pengadaan CPNS Polri Sumber Pelamar Umum T.A. 2010, harus melengkapi berkas lamarannya dengan menyerahkan :
a) Asli persyaratan administrasi yang diserahkan pada saat melamar melalui pos/jasa pengiriman lainnya.
b) Daftar Riwayat Hidup (DRH) lengkap, menggunakan blanko standar Badan Kepegawaian Negara (BKN).
c) Surat Pernyataan yang berisi 5 (lima) butir pernyataan berikut ini :
(1) Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan keputusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap, karena melakukan tindak pidana.
(2) Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri / Pegawai Swasta.
(3) Tidak berkedudukan sebagai Pegawai Negeri/Calon Pegawai Negeri.
(4) Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh pemerintah.
(5) Tidak menjadi pengurus dan atau anggota partai politik.

d) Surat Pernyataan yang berisi 2 (dua) butir pernyataan berikut ini:
(1) Bersedia menunaikan baktinya minimal 5 (lima) tahun terhitung saat pengangkatannya sebagai CPNS Polri.
(2) Bersedia mengembalikan biaya yang telah dikeluarkan oleh negara apabila yang bersangkutan mengundurkan diri sebagai CPNS Polri bukan karena dinas.

e) Fotokopi Keputusan/Surat Keputusan pengalaman bekerja bagi yang sudah pernah bekerja, dan disahkan/dilegalisir oleh pejabat yang berwenang.

6) Waktu / Jadwal Pelaksanaan Seleksi :

15 – 28 Oktober 2010
1. Kampanye/publikasi Pengadaan CPNS Polri T.A. 2010 melalui : ST Kapolri, Pengumuman Kapolri di media cetak (Media Indonesia), media elektronik (TVRI), internet dan Spanduk.
2. Kontrak Kinerja.

19 Oktober – 1 November 2010
1. Pendaftaran peserta seleksi Pengadaan CPNS Polri Tahun 2010 melalui pos, mulai 19 Oktober 2010 dan ditutup 28 Oktober 2010 stempel pos.
2. Berkas lamaran sudah diterima oleh panitia, paling lambat tanggal 1 November 2010 jam 15.00 WIB.

20 Oktober – 7 November 2010
1. Pemeriksaan Administrasi Tahap Awal :
a. Pelaksanaan awal di kantor (20 – 31 Oktober 2010).
b. Pelaksanaan lanjutan di luar kantor (1 – 7 November 2010).
2. Pemberian Nomor Peserta bagi yang memenuhi syarat.

10 November 2010
Pengumuman peserta seleksi yang dinyatakan lulus Pemeriksaan Administrasi Tahap Awal.

11 November 2010
Penyerahan / pengambilan Nomor Peserta Ujian asli di Lapangan Bhayangkara Mabes Polri.

8 dan 9 November 2010
Pengambilan materi Ujian Tertulis/TKD dan kunci jawabannya, yang terdiri dari :
1. TPU dan TBS di Kantor Mendiknas.
2. TSK di Kantor BKN.

10 – 11 Nov 2010
1. Penggandaan Naskah Ujian/TKD.
2. Penyiapan tempat Ujian/TKD.

13 – 15 Nov 2010
1. Ujian Tertulis/Akademik/TKD.
2. Pengolahan hasil Ujian Tertulis/TKD.
3. Penyiapan Rencana Skep Kelulusan Ujian Tertulis/TKD

16 November 2010
Pengumuman Ujian Tertulis Akademik/TKD. Panpus

5 – 8 Nov 2010
1. Penyiapan materi Ujian/TKB.
2. Penyiapan tempat Ujian/TKB secara Aplikasi sesuai bidangnya

18 dan 19 Nov 2010
Pelaksanaan Uji Kompetensi Bidang/TKB sesuai bidang

22 November 2010
Penyerahan hasil Ujian/TKB

23 – 24 Nov 2010
Pengolahan hasil Ujian/TKB

25 November 2010
Pengumumuan hasil Ujian/TKB

25 dan 26 November 2010
Penyerahan Ijazah/STTB asli dari SD s/d Dikum tertinggi bagi peserta yang dinyatakan lulus Ujian/TKB.

26 dan 27 November 2010
1. Melaksanaan Rikkes dan Ket Bebas Narkoba bagi peserta yang dinyatakan lulus Ujian/TKB.
2. Riks absah asli Ijazah/STTB oleh Puslabfor dan Pus Ident Bareskrim Polri serta Depdiknas.

29 – 30 November 2010
1. Penyerahan hasil Rikkes dan Ket Bebas Narkoba dari Institusi Kesehatan Resmi di luar Polri kepada Tim Kesehatan Polri.
2. Penyerahan hasil pemeriksaan ijazah/STTB asli kepada panitia.

1 – 3 Desember 2010
Penilaian hasil Rikkes oleh Tim Kesehatan Polri
1. Penilaian hasil Rikkes dan Ket Bebas Narkoba oleh Tim Kesehatan Polri.
2. Hasil penilaian diserahkan kepada Panitia.

4 dan 7 November 2010
Pengolahan penilaian hasil Rikes dan Ket Bebas Narkoba, Riks ijazah/STTB dan Hasil TKB.

8 Desember 2010
Pengumuman kelulusan CPNS Polri Sumber Pelamar Umum T.A. 2010.

9 – 17 Desember 2010
1. Penyerahan berkas asli dan bimbingan Penyempurnaan pelamaran CPNS Polri Sumber Pelamar Umum T.A. 2010.
2. Pemberkasan dan Pengetikan F-1 Usul Persetujuan Penetapan NIP ke BKN.

18 – 22 Desember 2010
Kegiatan satu atap antara Polri dengan BKN dalam rangka :
1. Penetapan NIP.
2. Proses penerbitan Rencana Keputusan Kapolri tentang Pengangkatan dan Penempatan Pertama CPNS Polri Sumber Pelamar Umum T.A 2010.

22 – 29 Desember 2010
Tindak lanjut kegiatan satu atap antara Polri dengan BKN dalam rangka :
1. Penetapan NIP.
2. Proses penerbitan Rencana Keputusan Kapolri tentang Pengangkatan dan Penempatan Pertama CPNS Polri Sumber Pelamar Umum T.A. 2010.
3. ST Kapolri, Petikan Keputusan Kapolri dan distribusi serta Penghadapan CPNS Polri Sumber Pelamar Umum T.A. 2010.

g. KETENTUAN LAIN.
1) Tidak melayani/menerima berkas lamaran dengan pengiriman yang diberikan langsung oleh pelamar (harus melalui Pos/jasa pengiriman lainnya).
2) Berkas lamaran yang telah dikirimkan kepada Panitia Pengadaan CPNS Polri Sumber Pelamar Umum T.A. 2010, tidak dikembalikan.

Download:

- Pengumuman
- Lampiran

Monday, October 18, 2010

PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL PUSAT DAN DAERAH KEMENTERIAN TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI RI 2010

PENGUMUMAN
Nomor : PENG.1303/OKP/X/2010
TENTANG
PENGADAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL PUSAT DAN DAERAH
KEMENTERIAN TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI RI
TAHUN ANGGARAN 2010

Menakertrans Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil Kemenakertrans tahun 2010 untuk mengisi formasi jabatan fungsional umum (Penata Laporan Keuangan, Verifikator Keuangan, Pengadministrasi Umum, Penguji Kesehatan, dsb.) dan fungsional tertentu (Instruktur, Pengantar Kerja, Mediator, Pengawas Ketenagakerjaan, Penggerak Swadaya Masyarakat, Pranata Komputer, Statistisi, dsb.) yang akan ditempatkan pada kantor Pusat dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) di seluruh Indonesia.

I. DASAR HUKUM :
Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor : 292 Tahun 2010 tentang Perubahan Lampiran I dan II Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor : 203 Tahun 2010 Tentang Formasi PNS Kemenakertrans Tahun Anggaran 2010.

II. PERSYARATAN PELAMAR :
A. Persyaratan Umum
1. Warga Negara Indonesia, berusia paling rendah 18 (delapan belas) tahun dan paling tinggi 35 (tiga puluh lima) tahun per 1 Desember 2010;
2. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan;
3. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;
4. Tidak berkedudukan sebagai PNS atau CPNS;
5. Tidak berkedudukan sebagai anggota dan atau pengurus partai politik;
6. Memenuhi kualifikasi pendidikan yang ditetapkan;
7. Berkelakuan baik, sehat jasmani maupun rohani;
8. Bersedia bekerja pada unit kerja di lingkungan Kemenakertrans, dan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

B. Persyaratan Khusus
1. Lulusan perguruan tinggi negeri maupun swasta yang terakreditasi minimal ‘B’ atau perguruan tinggi luar negeri yang telah mendapat pengesahan dari Kementerian Pendidikan Nasional;
2. Mempunyai indeks prestasi kumulatif (IPK) sekurang-kurangnya 2,75 bagi lulusan Sarjana (S1) dan sekurang-kurangnya 2,65 bagi lulusan Diploma Tiga (D3);
3. Diutamakan menguasai bahasa Inggris dengan dibuktikan hasil tes TOEFL terbaru minimal 500.

C. Persyaratan Lain
1. Pelamar yang dinyatakan lulus dan telah melakukan pemberkasan untuk diangkat menjadi CPNS, apabila mengundurkan diri dikenakan sanksi mengganti biaya seleksi sebesar Rp. 10.000.000,- (sepuluh juta rupiah) yang akan disetorkan ke kas negara;
2. Pelamar yang dinyatakan lulus bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan tidak diperkenankan mengajukan permohonan pindah dengan alasan apapun sebelum masa kerja mencapai minimal 5 (lima) tahun.

III. KUALIFIKASI PENDIDIKAN :
Silakan download pengumuman lengkap !

IV. TATA CARA PENDAFTARAN :
A. Penerimaan surat lamaran
1. Pengumuman pengadaan CPNS Kemenakertrans mulai tanggal 15 s.d. 28 Oktober 2010 melalui situs internet Kemenakertrans di www.depnakertrans.go.id;
2. Berkas lamaran disampaikan melalui pos ke PO Box 4049 JKTM 12700, cap pos terakhir tanggal 28 Oktober 2010;
3. Panitia tidak menerima surat lamaran yang diantar langsung;
4. Surat lamaran harus ditulis tangan dan ditandatangani sendiri oleh pelamar dengan menggunakan tinta hitam, ditujukan kepada Ketua Tim Pengadaan PNS Kemenakertrans Tahun Anggaran 2010;
5. Pelamar memilih lokasi ujian sesuai dengan wilayah ujian yang telah ditetapkan Panitia;
6. Berkas lamaran disusun rapi dalam map warna KUNING untuk Sarjana (S1) dan HIJAU untuk Diploma Tiga (D3). Selanjutnya dimasukkan dalam amplop coklat ukuran folio dan dikirim melalui Kantor Pos, kepada : KETUA TIM PENGADAAN PNS KEMENTERIAN TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI REPUBLIK INDONESIA TAHUN ANGGARAN 2010, PO BOX 4049 JKTM 12700
7. Berkas lamaran yang dikirim selain alamat diatas, tidak akan diproses;
8. Surat lamaran yang dikirim sebelum pengumuman ini dinyatakan tidak berlaku.

B. Surat lamaran dilengkapi dengan :
1. Daftar kelengkapan berkas (form 1), Formulir pendaftaran (form 2), dan Surat Pernyataan (form 3). Contoh formulir berformat file pdf dapat didownload melalui situs internet Kemenakertrans;
2. Pas photo terakhir ukuran 3 x 4 cm berwarna sebanyak 2 (dua) lembar ditempel pada form 1;
3. Foto copy ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir oleh Rektor/Dekan/Pembantu Dekan Bidang Akademik bagi Universitas/Institut, atau Ketua/Pembantu Ketua Bidang Akademik bagi Sekolah Tinggi, dengan menyebutkan pejabatnya (cap basah). Surat Keterangan Lulus tidak berlaku.
4. Foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku;
5. Foto copy Kartu tanda pencari kerja (Kartu Kuning/AK.1) dari Dinas yang menangani bidang Ketenagakerjaan yang masih berlaku dan dilegalisir;
6. Foto copy Surat Keterangan Catatan Kepolisian yang masih berlaku dan dilegalisir;
7. Foto copy hasil nilai tes TOEFL (bila ada);
8. Amplop surat biasa sebanyak 2 (dua) lembar ukuran 110 x 230 mm yang masing-masing ditulis dan ditujukan kepada nama dan alamat pelamar serta ditempel perangko secukupnya.

V. KETENTUAN LAIN-LAIN :
1. Seleksi administratif dilakukan dengan sistem gugur.
2. Pelaksanaan tes tertulis dilaksanakan di 3 (tiga) wilayah, yaitu : Jakarta, Medan, dan Makassar.
3. Peserta yang berhak mengikuti seleksi akan diberitahukan kemudian melalui surat tertulis dan situs internet Kemenakertrans meliputi nomor tanda peserta ujian, waktu dan lokasi seleksi.
4. Petunjuk pengisian Formulir Pendaftaran (form 2) dapat dilihat pada lampiran pengumuman ini.
5. Keputusan Tim Pengadaan PNS Kemenakertrans Tahun Anggaran 2010 bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
6. Informasi resmi yang terkait dengan seleksi CPNS Kemenakertrans tahun 2010 hanya dapat dilihat dalam situs internet Kemenakertrans. Diharapkan para pelamar untuk terus memantaunya.
7. Khusus Formulir Pendaftaran (form 2) harus dicetak dengan kualitas printer Laser B/W dan menggunakan kertas A4 80 gram.
8. Formulir Pendaftaran (form 2) tidak diperkenankan di foto copy.
9. Saat mencetak Formulir Pendaftaran (form 2) agar memperhatikan kelurusan kertas dan mengatur setting menu Print pada program apilkasi Adobe Acrobat Reader, sebagai berikut :
- pada perintah Page Scaling pilih : None
- beri tanda 5 pada perintah Auto-Rotate and Center dan Choose Paper Source by PDF page size
- pada menu Preview ukuran kertas harus menunjukkan 8,27 x 11,69 inch (ukuran A4).
Panitia tidak bertanggungjawab apabila hasil cetakan form 2 tidak dapat diproses oleh komputer akibat kesalahan pelamar.
10. Berkas lamaran yang tidak lengkap/tidak memenuhi persyaratan tidak akan diproses dan menjadi hak Panitia yang selanjutnya akan dimusnahkan.
11. Lokasi ujian tidak menunjukkan penempatan bagi pelamar yang lulus. Panitia berhak menempatkan CPNS sesuai dengan kebutuhan organisasi.

Demikian pengumuman ini disampaikan untuk diketahui dan dipatuhi.

Download :

Pengumuman Penerimaan CPNS Menakertrans 2010
Form Pendukung

Lain-Lain